oleh

Enaknya Mie Tek Tek, Kulineran Malam Hari di Pinggiran Kota Palembang

PALEMBANG-TRIBUNPOS.COM | Enaknya kuliner ini disajikan malam hari, ketika udara terasa dingin dan paling endes mah nyantap mie yang disajikan panas panas. Tapi bagi saya sore hari petang ini pun tak apa. Soalnya, lagi ingin manjakan lidah.

Yup, tulisan ini tentang mie tek tek dengan khasnya suara wajan atau kuali yang dipukul pukul oleh tukang dagangnya, pertanda ia lewat.


Cerita tentang makanan bernama mie tek tek di pinggiran Kota Palembang yang keberadaannya kini kembali eksis marak pedagangnya.

Sebenarnya makanan ini sama saja dengan mie mie biasa yang kita konsumsi, dagangan yang kerap dijual saat malam hari dan dipikul ini populer karena si tukang jualan memukul tepian wajan sehingga menimbulkan suara “ Tek…tek…tek…tek,” jadi deh di sebut Mie Tek Tek.

Varian Mie Tek Tek ada yang direbus dan digoreng, kali ini saya mencoba Mie Tek Tek yang direbus.

Pembuatannya saya lihat, awalnya mie direbus dulu dan dicampur dengan rupa rupa sayuran seperti tomat, kol, seledri serta dilengkapi dengan telor.

Setelah itu bahan bahan tersebut diberi bumbu yang telah diracik oleh penjualnya, mirip mirip bumbu nasi goreng deh.

Si mie yang sudah matang dan sayuran serta telor diaduk aduk hingga akhirnya diangkat dari wajan, untuk mie goreng di buang airnya, untuk mie rebus airnya disertakan.

Seporsi Mie Tek Tek dibanderol dengan harga Rp10 ribu.
Mengonsumsi Mie Tek Tek enaknya selagi hangat lho.

Oke, saatnya ngejajal beli Mie Tek Tek yang pas dengan rakyat jelata seperti saya ini hehehe.

Selamat Makan semua !!…

Penulis: Sandi Pusaka Herman
(Wartawan Tribun Pos)

Komentar

News Feed