oleh

Fendy Kaboky : Ruslan Taimi dan Herly Siap Pimpin OKU Timur Terang

TRIBUNPOS OKU TIMUR , SUMSEL ꟷ Pemimpin harus mampu melakukan perubahan yang memiliki tujuan utama yaitu mengambil tanggung jawab atas kepemimpinannya, bukan yang lain. Pemimpin yang dapat melakukan perubahan kita sebut pemimpin perubahan.


Foto : Dokumentasi milik Kol. Inf. Ruslan Taimi

Tidak semua orang yang memegang puncak kekuasaan dan wewenang dapat menjadi pemimpin perubahan. Banyak orang yang memegang jabatan, tapi bukan pemimpin perubahan. Mereka, hanya bisa mengelola organisasi, namun tidak mampu membuat perubahan secara universal dalam kehidupan di masyarakat.

Karakter pemimpin demikian bekerja hanya berdasarkan aturan, sistem yang sudah berlaku yang dibuat oleh pendahulunya. Ia tidak mampu merubah keadaan yang ada, fokusnya hanya mempertahankan aturan dan sistem yang ada berjalan seperti apa adanya, terkesan kaku dan tidak memiliki jiwa seni yang mengakar kuat. Padahal nilai seni dan budaya merupakan dasar kepemimpinan selain agama yang dianutnya.

Pemimpin harus selalu menyadari segala sesuatu hal yang berubah di lapisan organisasi dan masyarakat yang dia pimpin, tidak ada yang kekal kecuali sang pencipta. Karena segala sesuatu berubah, maka pemimpin senantiasa selalu mengantisipasi perubahan, daripada bereaksi terhadap perubahan.

Pemimpin harus mampu membaca ke depan dan sadar, sebelum perubahan memberi dampak buruk, dia akan melakukan antisipasi, sehingga ketika perubahan itu datang di depan matanya, perubahan itu tidak memberikan masalah maupun krisis yang krusial bagi organisasi dan masyarakat yang dipimpinya.

Ketika perubahan  dibiarkan masalah besar akan menghadangnya, dan reaksi terhadap perubahan bukan hanya tidak memberikan hasil yang maksimal, tetapi juga membutuhkan energi dan sumber daya yang sangat besar. Pemimpin harus  tahu, kapan perubahan harus dilakukan.

Pemimpin yang membawa perubahan, memiliki visi. Dia dapat melihat keadaan yang sekarang, dan dampaknya dimasa akan datang, bila perubahan tidak dilakukan. Ia memiliki kekhawatiran dan hasrat yang besar untuk melakukan perubahan yang signifikan. Visi yang dimiliki pemimpin perubahan, berisi  tentang hasil,manfaat, keadilan, perdamaian, keamanan,  kesehatan,  kesejahteraan dan menumbuhkembangkan serta memupuk  seni dan budaya di masyarakat yang hampir punah diancam perkembangan globalisasi dunia. Dan visinya menuntun tindakannya serta ia mempunyai kemampuan untuk membagi visinya, menjadi visi bersama organisasi dan masyarakat yang dipimpinnya yang harus dicapai, sehingga pemimpin tidak kesepian dengan visinya sendiri.

Seorang pemimpin  tidak akan sombong ketika perubahan yang ia mulai memperlihatkan hasil. Namun ia lebih menikmati rasa syukur atas perubahan yang terjadi hasil dari proses dan perjuangan bersama elemen masyarakat yang dipimpinnya. Perubahan tidak akan bisa dilakukan tanpa bantuan orang lain (organisasi dan masyarakat), sehingga dalam kepemimpinan, ia tidak akan arogan, dan menuntut apa yang baru saja dicapai, dengan manfaat berlebih bagi imbalan dirinya. Ia berjalan bersama visi dan integritas dan keberaniannya, hati dan pikiran dipenuhi dengan benih-benih kasih sayang.

Fendy Kaboky mengutarakan sosok seorang tokoh di Kabupaten  Oku Timur  yang menurutnya sangat pantas memimpin dan mengayomi seluruh lapisan masyarakat di bumi ‘Sebiduk Sehaluan’. Bahkan Fendy telah menulis lirik lagu bertajuk OKU Timur Terang  (Red : Tertib, Elok, Rapi, Amanah, Nyaman, Gemilang).

Lebih lanjut Fendy menguraikan bahwa Tokoh yang ia maksud adalah Kol. Inf. Ruslan Taimi, putra ke dua dari tokoh yang di kenal di OKU Timur yaitu H. Taimi Muchtar , tepatnya berasal desa Tanjung Bulan, Kecamatan Buay Madang.

“ Pak Ruslan pernah menceritakan riwayat karir kemiliterannya bahwa ia menempuh pendidikan di Akmil Magelang Tahun 1992. Pribadinya yang tegas, sederhana, loyal,  bersahaja, dan taat menjalankan agama serta natural dalam pergaulan sehari-hari, membuat masyarakat dekat dan betah menjalin persahabat dengan Sang Kolonel.  Dalam menjalankan tugas negara, ia telah banyak mengunjungi tempat dan jabatan, termasuk tugas Operasi Pengamanan di Timor timur tahun 1994-1996,” ungkap Fendy pada media ini. Jum’at (12/06/20).

Diketahui bahwa Kol. Inf. Ruslan Taimi, pernah menjabat Kasdim 0403 OKU Baturaja (2006),menjabat sebagai Kasiops Rem 044 Garuda Putra (2011), Dandim 0403/ OKU (2012), Dandim Muara Enim (2013), Wadan Puslatpur Kodiklat AD di Martapura (2014) dan jabatan terakhir saat ini sebagai Kepala bidang Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan RI dan sebelumnya Kol inf.Ruslan SE,MM pernah menempuh Pendidikan “Sekolah Staff dan Komando Angkatan Darat” SESKOAD  di Daejon Korea Selatan

Kol.inf Ruslan sudah berkeluarga dan memiliki dua anak dimana istrinya Hj.Ten Novita SH merupakan adik kandung H.Herman Deru yang merupakan Gubernur Sumatera selatan.

Foto:Kol.Inf.Ruslan Taimi dan Istri,Hj.Ten Novita,SH(adik kandung Hi.Herman Deru Gub.Sumsel)

Pada kapasitas pesta demokrasi Pemilukada OKU Timur tahun ini, Kol.Inf. Ruslan Taimi menggandeng dr.Herly Sunawan,S.H,  yang merupakan anggota DPRD aktif dengan suara terbanyak  partai Nasdem Sumatera selatan.

“Sempat juga disampaikan Pak Kol. Inf. Ruslan Taimi, terkait pencalonannya di Pemilukada OKU Timur, Bapak  Letjen TNI Purn Sutiyoso sangat mensupport dan siap mendatangkan investor di Kabupaten OKU Timur. Itu dikatakan Pak Sutiyoso saat Pak Ruslan bertandang ke kantor Pak Sutiyoso, pada Kamis (04/06/20) lalu,” terang Fendy Kaboky, Seniman Sumsel yang cukup lama mengamati sepak terjang dan karakter Ruslan Taimi yang dinilai figur pemimpin yang mampu membawa perubahan besar di Kabupaten OKU Timur.

Adalah program kita 3000 unit Lampu PJU akan dipasang di seluruh desa yang ada di OKU Timur. dan akan dimulai pemasangannya setelah KPU secara resmi memutuskan Ruslan sebagai kandidat calon Bupati OKU Timur.

“ Tidak harus menunggu saya terpilih menjadi Bupati, ini adalah bukti saya mencintai Rakyat dengan HATI  dan IKHLAS  bukan karena NAPSU.  Dan ada lagi beberapa program sebelum terpilih yang akan saya berikan yang akan saya sampaikan pada saat kampanye. Saya ingin kabupaten OKU Timur sebagai ‘Pilot Project’ pembangunan yang berbeda dengan kabupaten lainnya di Indonesia ”. Sampai Ruslan melalui Fendy Kaboky ke Tribun Pos .

“ Insha Allah dalam waktu dekat, saya bakal duet bareng sama Pak Kolonel membawakan lagu baru ciptaan saya yang berjudul ‘OKU Timur Terang’. Pak Kolonel sosok Pemimpin santun, bersahaja dan sangat peduli rakyat, mampu membaca, memahami dan siap mewujudkan perubahan yang diimpikan penduduk di Kabupaten OKU Timur.  Akor…. Mantap…. duet Ruslan-Herly akan mewujudkan OKU Timur Terang sesuai harapan Pak Ruslan yang saya tuangkan lewat bait lagu saya,” tandas Fendy Kaboky. (Red)

 

Komentar

Headline