oleh

Audiensi Komnas Perlindungan Anak Dengan Bawaslu Sragen Terkait Pilkada

TRIBUNPOS SRAGEN , JATENG – Komisi Nasional Perlindungan Anak audiensi dengan Bawaslu Kabupaten Sragen membahas terkait penawaran MOU kerja sama dalam hal pendampingan anak-anak dari hal-hal ekploitasi atas hak anak khususnya terkait dengan masalah anak-anak menjelang Pilkada bulan Desember yang akan datang di Kabupaten Sragen.

Secara spesifik kami membahas masalah internal Komnas PA, ujar ketua Komnas PA Sragen, Heroe Setiyanto, SH, MH yang sekaligus sebagai Advokat dan juga Kepala Sekolah SMK Widya Wisata, di Kantor Bawaslu Kabupaten Sragen, Kamis (16/07/2020).

Lalu Heroe mengatakan, banyak temuan pelanggaran yang dilakukan oleh timses dari masing-masing calon dan di lapangan saat-saat menjelang Pemilu dan Pilkada masih banyak melibatkan anak-anak, yang dibahas bersama Ketua Bawaslu Kabupaten Sragen Dwi Prasetya.

Dia berharap kepada Ketua Bawaslu Kabupaten Sragen sekiranya Pilkada yang akan datang ini betul-betul bisa berjalan lancar dan aman dan Bawaslu nantinya bisa memberikan sangsi kepada para oknum-oknum timses yang sudah melibatkan anak-anak ikut kampanye didalam menggerakkan masa.

“Apapun alasannya, anak-anak tidak boleh dilibatkan kedalam kampanye politik, dan harus di tindak bila ada oknum-oknum yang masih nekat mengerakkan masa anak-anak,” tegasnya.

“Respon positif dari Ketua Bawaslu Sragen, Dwi Budi Prasetya, S.fil. Ia mengatakan silaturahim audiensi ini menjadi momen yang tepat menjelang Pilkada di Kabupaten Sragen, sekiranya dari Komnas PA Sragen bisa bekerja sama dengan Bawaslu dalam memberikan sosialisasi edukasi terkait tidak boleh melibatkan kampanye anak-anak dalam pemilukada”. Ucapnya.

Ia berharap, Komnas PA Sragen bisa bersinergi bekerja sama dalam memberikan edukasi tentang undang-undang PKPU nomer 10 tahun 2016, bahwasanya mengatur tentang larangan anak-anak di libatkan dalam kampanye politik.

Wartawan : Ngatiman

Editor        : Indra Darmawan

Komentar

News Feed