oleh

Lury Elza Alex : Peranan Pemerintah Dipertanyakan , Pasien Covid·19 Tembus Angka 2000

TRIBUNPOS PALEMBANG – Temuan terkini  kasus positif Covid-19 di kota Palembang sebanyak 51 orang pada 18 juli 2020, menjadikan kota asal pempek ini sebagai daerah dengan klaster positif covid-19 terbesar di Sumatera Selatan yakni 2.001 jiwa.

Hal tersebut disampaikan oleh Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19, Yusri, Sabtu, yang mengatakan bahwa ada 67 kasus baru yang berasal dari kota Palembang sebanyak 51 orang, Kabupaten Muara Enim 7 orang, Banyuasin 6 orang serta Prabumulih, OKU, dan PALI masing-masing 1 orang.


Menanggapi kabar ini, Direktur Eksekutif LEA Foundation Lury Elza Alex menyebut bahwa terjadi penurunan tingkat kewaspadaan masyarakat pada ancaman Covid-19 di kota Palembang.

“Saya lihat hari-hari ini, tingkat kewaspadaan masyarakat semakin menurun ya, peran pemerintah dalam melakukan sosialisasi dan menerapkan protokol kesehatan juga semakin longgar. Hasilnya Palembang menjadi kota dengan temuan pasien Covid-19 terbesar, ribuan jiwa terpapar” ujarnya disela-sela kegiatan Rapid Test gratis untuk ratusan orang di kediamannya, di jalan merdeka, Palembang. Sabtu pagi (18/7).

Lury juga menilai bahwa ancaman Covid-19 di kota Palembang saat ini semakin membahayakan sebab selain temuan kasus positif, pemerintah kota belum bisa mendeteksi secara sistemik masyarakat yang terpapar virus namun tidak memiliki gejala.

“Inikan faktor utamanya karena tingginya tingkat mobilisasi dan kurangnya penerapan kedisiplinan terhadap protokol kesehatan, ya ini domain Pemkot yang merumuskan kebijakan serta melakukan upaya sosialisasi. Kucuran dana ratusan Miliyar itu masa ga bisa menghasilkan produk kebijakan yang solutif dan efektif. Ini dipertanggung jawabkan loh. Masyarakat Palembang ini dihantu bayang-bayang terkena covid” tambah tokoh perempuan Sumsel ini.

Kegiatan rapid test gratis yang diadakan ada Sabtu pagi kemarin di kediamannya merupakan inisiasi dari Ayahanda Lury, yaitu Alex Noerdin, mantan Gubernur Sumsel 2 periode yang saat ini menjabat sebagai wakil ketua komisi VII DPR RI.

Lury sendirimelalui yayasan LEA FOUNDATION nya aktif melaksanakan kegiatan sosial rutin yang langsung bersentuhan dengan masyarakat.

Pemerintah kota diharapkan segera bertindak dan melakukan upaya-upaya serius agar penyebaran Covid-19 di kota Palembang dapat segera dihentikan sehingga implementasi New Normal dapat betul-betul dirasakan oleh masyarakat.

Komentar

Headline