oleh

Kemenkes Gandeng Pemkab Sumenep Bentuk Forum Penanganan TBC

TRIBUNPOS SUMENEP , JATIM – Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, menggandeng pemerintah Kabupaten Sumenep bentuk forum penanganan TBC, hal itu disampaikan Dirjen Kemenkes Imran Pambudi saat melakukan kunjungan ke kabupaten diujung timur Pulau Madura tersebut, kemarin Selasa (27/10/2020).

Penyakit dengan nama Tuberculosis ini sendiri sudah tidak asing di masyarakat Indonesia secara umum, mulai dari Sabang sampai Merauke. Berdasarkan data Stop TBC Patnership Indonesia (STPI), berada diurutan ketiga tertinggi sebaran penyakit TBC, itu artinya ada lonjakan yang cukup signifikan karena pada sebelumnya masih berada diurutan kedelapan berdasarkan sebarannya

“Secara akumulasi tingkat peningkatan TBC Indonesia masuk peringkat 3 dunia,” jelas Dirjen Kesehatan Imran Pambudi.

Untuk itu Kementerian Kesehatan terus berupaya menekan angka besaran penyakit TBC dengan menggandeng pemerintah daerah disetiap kabupaten termasuk Pemkab Sumenep melalui Forum penanganan TBC, karena selam ini penanganan TBC sendiri diakui Dirjen Kemenkes Imran Pambudi hanya menjadi tugas Puskesmas.

Forum ini berfungsi untuk menggabungkan peran pemerintah, masyarakat dan swasta untuk mencegah penyebaran penyakit TBC.

“Fungsinya adalah menggabungkan pemerintah dengan masyarakat. Jadi pencegahan penyebaran TBC ini bukan hanya tugas Puskesmas,” ujar Imran Pambudi kepada awak media.

Sementara Bupati Sumenep, KH A Busyro Karim mengapresiasi pendeklarasian oleh STPI ini. Menurut dia, dalam pencegahan dan penanganan TBC harus dilakukan secara kolektif, dengan memaksimalkan peran semua stake holder

“Seandainya penanganan TBC dilakukan seperti Covid yang mana semua pihak ikut terlibat tentu ini akan mempermudah pencegahanya,” kata Busyro Karim saat memberikan sambutan.

Politikus senior Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang sudah menahkodai Sumenep selama dua periode ini berharap semua pihak tanpa terkecuali terlibat secara langsung di bawah Dinas Kesehatan (Dinkes).

“Nanti di bawah komando Pak Agus semua pihak untuk diajak dalam penanganan TBC,” pungkasnya.

Wartawan : Asmawan

Editor         : Liz Chaniago

Sumber      : Analisnews

Komentar

News Feed