oleh

GENCAR : Ada Apa Dengan Gardenta Resto??? Kemacetan Lalin, PKL Jadi Kambinghitam

TRIBUNPOS PALEMBANG – Aksi demo dari organisasi masyarakat Gerakan Cinta Rakyat (Ormas Gencar) Palembang mendatangi  kantor Sat Pol PP Kota Palembang, Selasa (14/07/20) pagi mempersoalkan Penataan Tata Ruang dan Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima (PKL) Pasar Km 5 yang terkesan tidak diperhatikan oleh Pemerintah Kota Palembang selama berpuluh tahun.

Charma Afrianto, SE, ketua Gencar kepada TRIBUNPOS menilai Sat Pol PP dalam penegakan Peraturan Kota belum menjalankan tugas dan kewajiban sebagai pengemban amanah Walikota (Perwali).

Sat Pol PP kurang tegas dalam menerapkan Peraturan Walikota (Perwali), dan terkesan berlaku tidak adil terhadap pedagang kaki lima yang mengais seribu dua ribu rezeki di Pasar Km5. “Jangan masalah macetnya arus lalu lintas, PKL yang jadi kambing hitam. Beberapa hari ini saya fokus mengamati titik macet di kawasan Pasar Km5 dari atas jembatan penyeberangan tepat di depan Pasar Km5 dan CCTV LRT, ternyata titik macet itu tepat berada di pintu masuk Gardenta Resto,” ungkap Charma.

Selain Pedagang Kaki Lima dapat berjualan seperti biasanya di Pasar Km5, Charma juga meminta Pemerintah Kota Palembang agar membantu Anggaran Pemberdayaan kepada PKL. “Pemerintah pahamlah bagaimana cara menganggarkan bantuan bagi pemberdayaan Pedagang kaki lima”. Kata Charma.

“Bantuan fisik (bangunan) pun modal usaha untuk pedagang kaki lima selama ini tidak ada sama sekali yang diberikan pemerintah Kota Palembang. Padahal dari tahun-tahun kemarin program pembangunan Pasar Rakyat telah direalisasikan di beberapa kabupaten. Sungguh aneh jika PKL di Pasar Km5 tidak tersentuh program Pasar Rakyat yang merupakan program negara. Jadi, jangan buat PKL Pasar Km5 lebih susah lagi,” urai Charma pada awak media usai aksi unjuk rasa yang digelar di dua tempat (Kantor Satpol PP dan Gardenta Resto).

Gencar dan PKL Pasar Km5 memberikan kesempatan Pemerintah dengan target waktu sampai 3 x 24 jam untuk melakukan tindakan yang jelas dan tegas. Saat melakukan aksi unjuk rasa, Gencar dan PKL ditemui  beberapa pihak yakni GA. Putra Jaya, Kasat Sat Pol PP Kota Palembang dan Redi, Operasional Gardenta Resto.

Wartawan : Tim wartawan Tribunpos Palembang

Editor         : Indra Darmawan

Komentar

News Feed