oleh

Danang : Madu Sialang Kami Dijamin Asli

TRIBUNPOS PALEMBANG – Madu merupakan produk alam yang dihasilkan oleh lebah karena mengandung nutrisi yang baik. Beberapa kandungan gizi dalam madu antara lain asam amino, karbohidrat, protein, dan beberapa jenis vitamin serta mineral. Madu digunakan untuk menghilangkan rasa lelah, menghaluskan kulit, dan pertumbuhan rambut serta memiliki banyak manfaat lainnya.

Madu merupakan salah satu bahan makanan yang mempunyai segudang manfaat bagi tubuh manusia. Apa lagi ditengah musim pandemi covid-19, madu menjadi incaran bagi sebagian masyarakat. Hal ini dirasakan oleh Pak Danang seorang petani sekaligus penjual madu hutan Sialang di kota Palembang. Dalam penjualanya pak Danang bisa meraih omset sebesar jutaan hingga ratusan juta rupiah.


” Saya pernah panen madu tembus  mencapai 1 ton madu hutan sialang untuk satu batang pohonnya, dan saat ini kami memiliki sekitar 8 batang pohon sialang. Dan waktu itu produksi terbesar madu saya tembus 2 ton madu dan dikemas dalam kemasan botol 500 gr dibandrol dengan harga 100.000 rupiah perbotol ,” ujar pak Danang.

Ditengah pandemi covid-19 ini usaha madu memang sangat menguntungkan bagi penjualnya, dimana masyarakat sudah sangat mengetahui berbagai manfaat khasiatnya sejak puluhan hingga ratusan tahun lalu.

Berbagai manfaat madu, antara lain sebagai berikut:

  1. Sumber Energi

Madu memiliki kandungan nutrisi yang baik dan dapat menjadi sumber energi karena kandungan karbohidratnya. Karbohidarat dalam madu berbentuk monosakarida, fruktosa, glukosa dan disakarida. Madu memiliki rasa manis akibat kandungan senyawa tersebut.

  1. Antioksidant

Reaksi berantai akibat radikal bebas memiliki efek merusak pada sel dan jaringan tubuh. Madu mengandung potent antioksidant material yang dapat menghentikan reaksi berantai akibat radikal bebas. Kandungan antioksidan di dalam madu bervariasi tergantung pada faktor geografis dan kondisi iklim. Karena kandungan bahan antioksidannya dapat mencegah gangguan inflamasi, penyakit arteri koroner, gangguan neurologis, penuaan dan kanker.

  1. Anti bakteri

Fungsi anti bakteri dari madu berasal dari sifat asam dari madu, tekanan osmosis tinggi dan kandungan air rendah, serta hidrogen peroksida. Madu bersifat asam dengan pH sekitar 3,2 – 4,5. pH rendah pada madu diakibatkan oleh asam glukonik  yang terbentuk akibat sekresi enzim oksidasi glukosa pada lebah. Hydrogen peroksida dalam madu diproduksi dari reaksi oksidasi glukosa oleh enzim oksidasi glukosa. Produksi hidrogen peroksida pada madu efektif terjadi pada madu yang diencerkan dengan air. Hal ini karena madu yang tidak diencerkan memiliki pH rendah yang mencegah adanya reaksi enzimatik.

  1. Penyembuhan Luka

Kemampuan madu dalam penyembuhan luka disebabkan oleh sifat anti bakterial dari madu. Karakteristik madu yang mempertahankan kelembapan luka dan viskositas tinggi dari madu membentuk lapisan proteksi yang mencegah infeksi. Madu juga memiliki efek anti inflamasi pada proses penyembuhan luka. Madu dapat dioleskan pada luka, tekanan osmosis pada madu akan menyerap kandungan air di luka sehingga luka akan lebih cepat kering.

Lebih lanjut pak Danang berharap semoga kedepan masyarakat Indonesia selalu sehat dan terhindar dari wabah pandemi covid-19.

“ Kedepannya semoga pandemi covid-19 ini cepat berlalu,  masyarakat indonesia  bisa sehat dan aktivitas bisa berjalan dengan baik, serta jangan lupa menjaga kesehatan untuk selalu mengkonsumsi madu yang benar-benar asli seperti madu Sialang produksi kami,” tandasnya.

 

Wartawan : M. Sapri

Editor : Indra Darmawan

Komentar

Headline