oleh

Tidak Puas Dengan Kinerja Kepala Desa, Sejumlah Tokoh Masyarakat Desa Berasan Makmur Tanjung Raya Lapor Ke BPD

TRIBUNPOS MESUJI, LAMPUNG || Secara yuridis, tugas Badan Permusyawaratan Desa mengacu kepada regulasi Desa yakni Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Badan Permusyawaratan Desa yang selanjutnya di singkat BPD atau yang disebut dengan nama lain adalah lembaga yang melaksanakan fungsi pemerintahan yang anggotanya merupakan wakil dari penduduk Desa berdasarkan keterwakilan wilayah dan ditetapkan secara demokratis.


” Dalam Permendagri No.110/2016 Badan Permusyawaratan Desa mempunyai fungsi, membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Desa bersama Kepala Desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat Desa, dan melakukan pengawasan kinerja Kepala Desa.

Sejumlah tokoh masyarakat kini menyatakan tak puas terhadap kinerja Kepala Desa nya mengadu Ke BPD Desa Berasan Makmur Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Mesuji karena banyak permasalahan di dalam Desa dan di terima Langsung oleh Wagino selaku Ketua dan Anggota BPD di Balai Desa Berasan Makmur, Jum’at Kemarin ( 12/08/21).

Narso salah satu Tokoh Masyarakat mempertanyakan Kinerja Kepala Desa selama menjabat  beberapa persoalan di dalam Desa di antaranya Pemotongan Dana BLT setiap Bulannya dengan dalih sebagai saldo rekening, pertanggung jawaban hasil usaha BUMDES yang kami tidak pernah menerima manfaatnya, Pertanggung jawaban hasil sewa Aset Desa seluas 78 ha yang di duga telah di sewakan bertahun-tahun, dan Kepala Desa di duga tidak pernah melakukan tahanpan pelaporan sesuai dengan regulasi yang seharusnya kepala desa membuat 4( Empat ) laporan yang di sampaikan ke Bupati Melalui Camat setelah di setujui oleh BPD,” kata Narso.

Masih kata dia, kami mendesak kepada BPD menindaklanjuti Laporan yang telah sampaikan, sebagai masyarkat Desa Berasan Makmur, jika tidak di tindak lanjuti Maka kami akan melanjutkan persoalan ini sesuai dengan relugasi yang ada,” tutupnya.

 

 

Wartawan : Zain Tribunpos Lampung
Editor : Indra Patriansyah

Komentar

Headline