oleh

PILKAKAM Serentak di Way Kanan Dilaksanakan 27 Mei Mendatang, Maret Sudah Masuk Tahapan

Laporan Wartawan Tribunpos, Yuswantoro, Way Kanan, Lampung

TRIBUNPOS, WAY KANAN | Pemilihan Kepala Kampung (Pilkakam) serentak di Kabupaten Way Kanan dipastikan akan digelar pada 27 Mei 2021 mendatang.

Hal tersebut dipastikan dari keterangan sekertaris daerah (Sekda) Way Kanan, H. Saipul saat diwawancarai media Tribun Pos Biro Way Kanan di ruangan kerjanya siang kemarin, Senin (01/02/2021).

Saipul menjelastkan, terkait tertundanya Pilkakam tahun 2020 lalu dikarenakan ada kendala Covid-19 serta ada keputusan Kemendagri hingga ditunda tahun 2021.

“Inshaa Allah bulan Maret sampai Mei Proses Pilkakam sudah mulai tahapan. Sekitar Minggu ke 3 bulan Maret sudah mulai pendaftaran calon di panitia Pilkakam,” ungkap Sekda.

Penetapan tanggal 27 Mei menjadi Hari H Pilkakam serentak di Way Kanan, menurutnya untuk menghindari bulan puasa dan juga hari raya Idhul Fitri .

“Masalah penganggaran biaya, tugas panitia, sarana pemilihan inshaa Allah ditanggung oleh APBD Kabupaten. Hanya biaya protokol kesehatan sesuai dari Juknis Pemerintah Pusat dan Ketentuan Kemendagri dalam hal ini dibiayai oleh Dana Desa (DD),” ucapnya.

Masih menurut Sekda, dari 85 kampung yang akan mengikuti Pilkakam semuanya sudah mendapat sosialisasi.

Disinggung perihal panitia yang tidak netral,
Sekda menghimbau agar panitia tidak ada unsur dari keluarga dekat dari masing masing calon. Jika dikemudian hari ditemukan hal serupa, nanti ada tindakan tegas dan sanksi yang diberikan.

Ditanya kembali bila ada oknum PJ Kepala Kampung yang berpihak kepada calon, Sekda tidak terlalu ingat secara pasti sanksi apa yang diberikan, namun bila terbukti pasti diberikan sanksi.

“Misalnya bila memungkinkan harus kita tarik dari jabatan PJ-nya. Lebih jelasnya nanti, kita lihat sejauh mau pelanggaran yang dilakukan dan sanksi apa yang sesuai dengan ketentuan harus diberikan,” terangnya. (Red-TP)

Editor Berita: Sandi Pusaka Herman Timur

Komentar

News Feed