oleh

Peningkatan Kapasitas BPD Desa Batu Kuning

TRIBUNPOS BENGKULUSELATAN – Desa Batu kuning kecamatan pasar Manna Kabupaten Bengkulu Selatan hari Rabu 09/09/2020 mengadakan peningkatan pelatihan BPD guna agar tahu mana poksi dan fungsi yang harus di lakukan, pertama sebagai pengisi acara camat pasar manna Mimi Herawati, S. Pd, M. SI, menjelaskan poksi dan pungsi BPD.

Menurut Mimi, pertama BPD dalam pemerintahan desa lembaga pemantau, dalam kegiatan dan pembangunan dan perkembangan desa, terutama BPD bisa mengajak dan mengayomi masyarakat agar di desa tersebut menjadi desa yang kondusif, bukan BPD itu untuk mencari kesalahan kepala desa yang sedang menjabat di desa tersebut.

“BPD bukan untuk mencari kesalahan perangkat – perangkat desa, bukan pula poksi dan pungsi BPD  itu ingin mengontrol tentang keuangan di desa, namun bila mana ada suatu kegiatan dalam desa tersebut guna kemajuan desa yang bersifat untuk membangun yang menggunakan dana DD, disitu fungsi BPD mengajak masyarakat untuk bermusyawarah guna menghasilkan nilai yang paling positip demi kemajuan desa tersebut,” jelas Mimi.

Demikian pula kata sambutan dari Pj (penjabat)  kepala desa Donal Ramses, dirinya selalu tidak mengurangi rasa hormat menyampaikan kepada ketua dan anggota BPD desa Batu kuning agar antara pemerintah desa dan BPD itu selalu berkesinambungan dèmi untuk kemajuan Desa Batu kuning ini.

“Kami sebagai pemerintahan desa ini kalau kami sudah betul – betul menyimpang dalam melakukan kinerja silahkan kami ditegur, ajak duduk bareng guna untuk mencari solusi yang lebih baik, agar desa Batu kuning ini selalu aman dan damai. Kami dari pemerintahan desa tidak akan merasa tersinggung,” ujar Ramses denga nada yang begitu santun.

Sementara dari dinas DPMD yang diwakili kasi evaluasi dan pengembangan desa, menyampaikan tentang kinerja BPD mengacu dengan permendagri no 110 tahun 2016. “ Itulah Fungsi dan tugas BPD, kalau sudah melenceng dari aturan permendagri tersebut berarti BPD melanggar fungsi dan tugas sebagai BPD,” jelasnya.

Wartawan : Hamdani

Editor         : Indra Darmawan

Komentar

News Feed