oleh

MPPPRI Mesuji Usulkan Debat Kandidat Untuk Calon Kepala Desa

TRIBUNPOS MESUJI , LAMPUNG – Desa adalah cermin suatu negara, majunya perekonomian di desa bisa dikatakan perekonomian suatu negara akan maju. Hal tersebut tentu tidak terlepas dari peran pemerintah pusat ataupun daerah dalam memperhatikan betapa pentingnya pembangunan di desa. Namun, juga tidak terlepas peranan kepala desa sebagai pimpinan tertinggi desa.

Hal ini disampaikan ketua lembaga Masyarakat Pemantau Pemilu Pembangunan Republik Indonesia (MPPP-RI) kabupaten mesuji, Zainuddin, SE  melalui sambungan seluler, Selasa (14/07/20).


Ditambahkannya,”Desa adalah ujung tombak pembangunan, artinya semua lini harus dibangun dari desa ekonomi, politik, sosial dan budayanya harus turut dibangun juga. Bahkan pengetahuan tentang hukum harus digiatkan.
Karena desa adalah cermin kepribadian bangsa, oleh karena itu harus seimbang. Pemerintan pusat sudah memberikan bantuan berupa dana desa (DD) yang nilainya ratusan hingga miliaran rupiah yang dikucurkan dalam pertahunnya. Tapi kalau kepala desa tidak memiliki kemampuan mengelolanya, dananya akan habis terpakai tapi pembangunan tidak tercapai”.

“Oleh karena itu kompetensi atau skill seorang kepala desa tak kalah penting untuk dijadikan acuan dalam memilih kepala desa. “Makanya kedepan kita punya rencana mengajukan kepada pemerintah untuk dibuat peraturan setiap calon kepala desa disediakan waktu untuk acara debat kandidat, agar masyarakat paham dan mengerti visi misinya calon”.

” Ini penting menurut saya, karena nanti masyarakat akan tahu kemampuan calon yang mereka dipilih.
Sama hal pilkada, kan ada debat kandidatnya. Apa salahnya debat kandidat diadakan juga untuk calon-calon kepala desa,” urai Zainuddin.

“Kita berharap usulan MPPP-RI dapat dipertimbangkan oleh pemerintah, sehingga kedepan tidak ada lagi kepala desa yang terpilih hanya karena bagi-bagi uang atau sembako,” sambungnya.

Wartawan : Tim Tribunpos Mesuji

Editor        : Indra Darmawan

Komentar

Headline