oleh

Fendy Kaboky: Spirit dan Jiwa Seni Kunci Harmonisasi Kepemimpinan Bupati Heri Amalindo

-Tokoh-185 views

TRIBUNPOS PALEMBANG ꟷ Dengan berjiwa pemimpin manusia akan dapat mengelola diri, kelompok dan lingkungan dengan baik.  Khususnya dalam penanggulangan masalah yang relative pelik dan sulit. Disinilah dituntut kearifan seorang pemimpin dalam mengambil keputusan agar masalah dapat terselesaikan dengan baik.

Dalam kenyataannya para pemimpin dapat mempengaruhi moral dan kepuasan kerja, keamanan, kualitas kehidupan kerja dan terutama tingkat prestasi suatu organisasi. Para pemimpin juga memainkan peranan penting dalam membantu kelompok, organisasi atau masyarakat untuk mencapai tujuan mereka.

Dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan keluarga, organisasi, perusahaan sampai dengan pemerintahan sering kita dengar sebutan pemimpin, kepemimpinan serta kekuasaan. Ketiga kata tersebut memang memiliki hubungan yang berkaitan satu dengan lainnya. Dalam prakteknya, sering diartikan sama antara pemimpin dan kepemimpinan, padahal pengertian tersebut berbeda. Pemimpin adalah orang yang tugasnya memimpin, sedangkan kepemimpinan adalah bakat dan atau sifat yang harus dimiliki seorang pemimpin. Kepemimpinan membutuhkan penggunaan kemampuan secara aktif untuk mempengaruhi pihak lain dan dalam wujudkan tujuan organisasi yang telah ditetapkan lebih dahulu.

Pemimpin harus bersikap sebagai pengasuh yang mendorong, menuntun, dan membimbing asuhannya. Dengan kata lain, ada beberapa hal yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin, antara lain: Pemimpin harus mampu dengan sifat dan perbuatannya menjadikan dirinya pola anutan dan ikutan bagi orang – orang yang dipimpinnya. Pemimpin harus mampu membangkitkan semangat berswakarsa dan berkreasi pada orang – orang yang dibimbingnya. Pemimpin harus mampu mendorong orang – orang yang diasuhnya berani berjalan di depan dan sanggup bertanggungjawab.

Seniman kondang asal Sumatera Selatan, Fendy Kaboky dalam wawancara eksklusif dengan Tribun Pos menyatakan Bupati Pali Ir. Heri Amalindo, MM sering turun ke lapangan menginspirasi pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pali bahkan tak segan-segan mendengarkan dan menerima masukan dari sahabat milenial, pemuka adat serta seniman – seniman untuk membangun Pali yang beliau pimpin.

“Heri Amalindo sangat dicintai rakyatnya, penuh semangat beliau sering turun ke lapangan untuk bertemu rakyat. Ia tahu keadaan di masyarakat, dengan mata kepala sendiri. Dari sana, lahirlah kebijakan-kebijakan pro-rakyat. Semua itu fakta, karena saya sering ke Pali bahkan menetap beberapa hari dalam penggarapan lagu-lagu saya. Beliau memiliki jiwa seni yang tinggi,” Kata Fendy Kaboky pada Tribun Pos, Kamis (11/06/20).

Menurut dia, gaya Heri tersebut menginspirasi pejabat-pejabat di Pemkab Pali untuk rajin turun ke lapangan. Bahkan, pejabat di tingkat kelurahan dan kecamatan Pemkab Pali juga rajin turun ke warga.

“Saya rasa, di Kabupaten Pali, sekarang tidak zamannya pejabat duduk di balik meja. Apalagi sekedar menerima laporan ABS (Asal Babak Senang) dari bawahan,” imbuh Fendy.

Tak dipungkiri, rakyat menyambut senang pejabat yang sering turun ke lapangan dan bertemu mereka. Saat ini, pejabat-pejabat di Pemkab Pali relatif mudah diakses rakyat. Aspirasi dan kepentingan dari bawah pun, cepat ditanggapi.

“Saya bisa katakan, Bung Heri Amalindo telah mewariskan standar kepemimpinan di ‘Bumi Serepat Serasan’. Bahwa menjadi Bupati harus bekerja keras, sering turun ke lapangan, mempunyai akar yang kuat di masyarakat. Cerdik mengatasi berbagai kesulitan dan keterbatasan,” ujar Fendy.

Heri Amalindo telah menginspirasi warga, terutama anak-anak muda, kaum milenial dan tidak saja dicintai warga Pali, tetapi juga menjadi teladan. Pemimpin yang tangguh, anti-korupsi dan konsisten serta berjiwa seni yang tinggi.

“ Saya Fendy Kaboky, menyampaikan dengan hormat ucapan terima kasih yang sedalam-dalamnya atas apresiasi Bapak Bupati Pali, Ir. Heri Amalindo, MM, yang telah, bahkan senantiasa siap mensupport sahabat-sahabat milenial dan seniman-seniman dalam mewujudkan karya inovatif mereka,” tandas Fendy Kaboky. (Red)

 

Komentar

News Feed