oleh

Bot Cakar Salome Rugikan Nelayan Bagan Serdang

TRIBUNPOS DELISERDANG , SUMUT – Warga masyarakat Desa Kelambir menangkap Bot Cakar Salome (kapal tangkap kerang)  saat beroperasi di wilayah perairan Bagan Serdang, Kecamatan Pantai Labuh, Kabupaten Deli Serdang. Jumat (26/6/20) pukul 11.30 Wib.

Dengan adanya aktifitas Bot Cakar Salome tersebut, selain melanggar jalur penangkapan hasil laut, tetapi juga mematikan kehidupan nelayan tradisional. Pasalnya, alat yang digunakan tersebut (cakar salome) menangkap/menjaring kerang tanpa terkecuali bentuk ukuran kerang.

Warga nelayan desa kelambir merasa dirugikan dengan  metode penangkapan tersebut, apalagi Bot Cakar Salome itu bukan nelayan setempat, melainkan warga berasal dari Percut Sei Tuan.

Jaki (40) warga setempat saat di konfirmasi awak media mengatakan,” kejadian yang seperti ini sudah kali keduanya di tangkap warga, namun endingnya selalu tidak berpihak ke nelayan setempat”.

“Cara mereka mengambil kerang itu dengan alat cakar yang terbuat dari besi dan menghabiskan semua kerang tanpa terkecuali kerang-kerang kecil. Lagi pula bukan kawasan perairan mereka, mereka berasal dari Percut Sei Tuan. Makanya warga nelayan disini tidak terima atas aktifitas penangkapan kerang yang dilakukan nelayan warga Percut Sei Tuan di wilayah perairan Bagan Serdang, Kecamatan Pantai Labuh, Kabupaten Deli Serdang,” ungkap Jaki.

“Begitu tahu ada Bot Cakar Salome beraktifitas di wilayah perairan, kami nelayan Bagan Serdang langsung mengejar  dan mencoba merapat ke bot, saat  mendekati  bot, kami malah  di ancam dan di ancungi senjata tajam sejenis arit,” ujar Jaki.

Menurut keterangan dari Kepala desa, Sharial, SE, saat di konfirmasi di lokasi kejadian mengatakan kejadian seperti ini sudah kali kedua, jadi warga nelayan meminta kepada pihak hukum dari Polair dan pihak kepolisian agar dapat menindak tegas nelayan dari Percut Sei Tuan yang memasuki wilayah perairan dan merugikan nelayan Bagan Serdang,karena tempat mereka menangkap kerang dan hasil laut lainnya merupakan wilayah kecamatan Pantai Labuh.

“kebetulan kejadian ini disaksikan langsung oleh angota Pol Air Polsek Beringin dan Babinsa, namun sampai saat ini belum ada penyelesaian, karena warga menuntut masalah pengancaman yang di lakukan oleh pihak Bot Cakar Salome,” tandas Sharial.

Kaperwil : S. Marpaung

Editor : Indra Darmawan

Komentar

News Feed