oleh

Sarkowi : Berkat Kerja Keras Relawan , Desa Tanjung Laut Nol ODP dan PDP

TRIBUNPOS OI , SUMSEL – Posko Induk Gugus Tugas Relawan Pencegahan Covid-19 di Desa Tanjung Laut Kecamatan Tanjung Batu, Kabupaten Ogan Ilir, dengan di pimpin langsung oleh Kepala Desa Tanjung Laut, Sarkowi, S.Sos selaku Ketua Gugus Tugas Relawan Pencegahan Covid-19, hari ini Jumat (29/05/20) pagi menyambangi aktifitas para relawan.

Sarkowi, S.sos menegaskan kepada seluruh Gugus Tugas untuk dapat memahami tugas dan fungsi dibentuknya Gugus Tugas Relawan Pencegahan Covid-19 Desa Tanjung Laut untuk memberikan beberapa tindakan dalam memutus rantai menjalarnya virus corona.

“ Alhamdulillah sejak posko ini kita dirikan, tepatnya pada 23 maret lalu, para relawan desa sangat berperan aktif dalam memberikan edukasi kepada Masyarakat tentang Covid-19. Relawan menyampaikan info yang mendasar terkait gejala-gejala orang terpapar Covid-19 kepada warga desa serta tindakan pertama dalam mengantisipasi dan mengatasi gejala awal,” ungkap Sarkowi pada Korespondensi media ini saat memantau posko Gugus Tugas yang berada di gerbang utama menuju Desa Tanjung Laut, Jumat (29/05/20).

Pantauan korespondensi media ini, selain Ketua Gugus Tugas (Sarkowi), tampak relawan desa lainnya, Noprizon, Suryadi, Dorik Fahrizal dan tenaga medis dari Puskesmas setempat.

 

Masih kata Sarkowi,” Relawan desa bekerjasama dengan tim medis sejauh ini telah dianggap berhasil dalam menjalankan tugas mereka, dari sosialsasi hingga tindakan-tindakan yang dipandang perlu dalam mencegah dan menangani gejala-gejala covid-19. Dan, Alhamdulillah, warga Desa Tanjung Laut 0 (nol) PDP dan ODP,” beber Sarkowi.

Relawan Desa bersama Tim Medis dalam sosialisasinya berhasil menyampaikan kepada warga setempat terkait gejala-gejala, cara penularan dan pencegahan serta tindakan dalam memutus rantai wabah Covid-19.

Dorik, Suryadi, Noprizon dan relawan lainnya, saat di wawancarai Korespondensi media ini mengungkapkan,” Relawan memberikan informasi dasar yang sangat vital mulai dari gejala demam batuk, flu, gangguan pernafasan, sakit tenggorokan, letih dan lesuh”.

“Cara Penularan dapat melalui cairan droplets yang berasal dari bicara, batuk, atau bersin Kontak pribadi seperti menyentuh dan berjabat tangan. Dan untuk Pencegahan, kami menghimbau kepada warga agar menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), tetap tinggal di rumah (kerja dirumah, ibadah dirumah), wajib menggunakan masker, dan menghidari kerumunan dan jaga jarak (Physical Distancing). Jika mengalami gejala (demam, batuk, pilek, gangguan pernafasan, sakit tenggorokan, letih dan lesu) segera melaporkan diri ke Posko Gugus Tugas, Kami Relawan Desa Siap 24 jam melayani warga”. Urai Dorik, Suryadi dan Noprizon.

Korespondensi : Edi Santo/Hendra Saputra

Komentar

News Feed