oleh

Irwansyah Nasution: Kemajuan Daerah Ditentukan oleh Sektor Pertanian

TRIBUNPOS MANDAILING NATAL , SUMUT – Penggerak Tani dan Nelayan Kabupaten Mandailing Natal (Madina) Irwansyah Nasution mengajak para petani untuk berkonsolidasi bersama dalam memajukan pertanian. Senin (19/10/20).

Pengembangan pertanian juga dilatarbelakangi penetapan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria yang mengatur tentang dasar-dasar dan ketentuan penguasaan, pemilikan, penggunaan, dan pemanfaatan sumber daya agraria nasional di Indonesia.


Menurut Bung Irwansyah Nasution, kemajuan sebuah daerah, kabupaten, provinsi bahkan nasional sangat ditentukan oleh pembangunan sektor pertanian yang mampu dioptimalkan. “Saat ini negara negara maju di dunia sudah mulai kembali bertani. Apalagi kita yang memang negara agraris, negara pertanian sehingga sektor ini menjadi bagian penting,” ujar beliau.

Ia mengatakan bahwa kotribusi PDRB Mandailing Natal terutama di sektor tani dan nelayan mencapai 50 % dari perekonomian masyarakat. Di Indonesia pertanian bisa menyumbang hasil kinerja yang lebih dari capaian yang sudah ada selama ini. Ini menunjukkan bahwa sektor pertanian menjadi pilar utama negara untuk membangun ekonomi yang baik.

Pihaknya pun terus mendorong agar petani muda atau milenial meyakini bahwa pertanian itu menjanjikan kehidupan. Pertanian kini sudah bertransformasi dengan berbagai teknologi, inovasi, dan mekanisasi yang akan terus ditingkatkan.

Ia berharap agar di masa pandemi COVID-19, seluruh pemangku kepentingan di Indonesia terutama di Kabupaten Mandailing Natal bisa bahu membahu dalam memberikan energi untuk sektor pertanian, memberikan dukungan kepada para petani dan terus meningkatkan produktivitas hasil pertanian baik dari dukungan dari kepala daerah, sektor pembiayaan perbankan hingga industri hulu-hilir.

Wartawan : Satria Darma

Editor         : Liz Chaniago

Komentar

Headline