oleh

Woww…!!! Diduga Ada Galian C Ilegal di Kecamatan Sumberharta

TRIBUNPOS MUSIRAWAS , SUMSEL – Terkait Galian C penyedot pasir di kecamatan Sumberharta, tepat di desa Madang dan Sukarami, Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatera Selatan diduga illegal.

Hal ini terungkap berdasarkan keterangan Camat Sumberharta, Dodi saat di bincangi melalui ponselnya. Senin (03/8/2020. “Kades sudah di konfirmasi oleh pihak kecamatan mengenai galian C tersebut, dari keterangan pihak kades desa Madang, galian C penyedot pasir tersebut ada tiga titik, kalau mengenai Perdes khusus itu tidak ada,” kata Camat menyampaikan melalui konfirmasinya terhadap kades desa Madang kecamatan Sumberharta.

Lanjutnya ” kemudian kalau yang ada didesa Sukarami itu belum ada keterangan apapun dari kadesnya. Dari seluruh galian C tersebut tidak memiliki izin secara resmi, kalau jalan yang rusak itu kan ada aturan, lewat dari 3 ton tidak bisa lewat kata dia dengan tegas.

Sementara itu, saat konfirmasi kepada pihak desa, Indra Gunawan, kades Madang, melalui akun whatsappnya (30/7/20) lalu, namun tidak ada jawaban apapun terkait galian C yang di duga ilegal tersebut.

Terpisah, saat konfirmasi Kepala dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Musi Rawas, Teddy Lazuardi melalui sambungan telepon seluler namun tak ada jawaban sampai berita ini dipublikasikan.

Pantauan pada Kamis (30/07/20) di Desa Madang, terlihat jalan yang menuju ke tempat galian C tersebut tidak bisa lewati karena berlumpur, terlihat dari jarak jauh 3 titik galian C yang ada di pinggir sungai Lakitan.

Kemudian pada Minggu (2/08/20) terlihat juga di Desa Sukarami, tepatnya di tengah dusun yang posisinya dipinggir air Lakitan, dimana terlihat jalan yang ada di dusun tersebut selain berlobang juga berdebu di saat musim panas dan di saat musim hujan genangan air seperti lumpur, hingga sulit untuk di lintasi.
Sementara ini belum ada pihak pemilik galian C yang dikonfirmasi hingga berita ini dipublikasikan.

Wartawan : Andika Saputra

Editor         : Yola

Komentar

News Feed