oleh

Sukma : Tak Asal Lapor , Dasar Hukum Jelas Kok..!!!

TRIBUNPOS PALEMBANG – Ketua Umum Lintas Aktivis Antar Generasi Indonnesia ( LAAGI ), Sukma Hidayat , hari ini memenuhi panggilan untuk dimintai klarifikasi  terhadap laporan pelanggaran Maklumat Ka. Polri.

Sukma Hidayat datang bersama Tim Advokad POSBAKUM LAAGI Advokad Desmon Simanjuntak, S.H dan M. Ibrahim Adha, S.H., M.H., E.CIH untuk mendampingi pada saat klarifikasi di unit Pidsus Polrestabes kota Palembang.


ket foto:Kumpul dikantin Polrestabes sebelum ke unit Pidsus memenuhi panggilan klarifikasi

Saat diwawancarai, Sukma Hidayat mengatakan bahwa dia sengaja hadir ke Polrestabes untuk memenuhi panggilan klarifikasi oleh pihak penyidik Pidsus Polrestabes kota Palembang. (11/6/2020)

Sukma menambahkan pada saat dimintai keterangan Klarifikasi  menjelaskan dasar hukum melaporkan H. Harnojoyo sebagai Walikota Palembang adalah adanya  Maklumat Ka. Polri dan PERWALI No 6 Tahun 2020 Tentang PSBB.

Dalam klarifikasi tersebut Sukma menyampaikan kepada pihak penyidik bahwa didalam Maklumat Ka.Polri , yang berbunyi : Tidak mengadakan kegiatan sosial kemasyarakatan yang menyebabkan berkumpulnya massa  dalam jumlah yang banyak  baik ditempat umum maupun dilingkungan sendiri yaitu dipoin :

3. Kegiatan Olahraga, Kesenian dan Jasa Hiburan

5. Kegiatan lainnya yang menyebabkan berkumpulnya massa.

Diduga H. Harnojoyo, S. Sos sebagai Walikota Palembang telah melanggar Maklumat Ka. Polri dan kami meminta kepada pihak penyidik untuk memberlakukan sanksi sesuai KUHP pasal 216  ayat 1 dan 218.

Ditambahkan Sukma ” Selain diduga melanggar Maklumat Ka. Polri , H. Harnojoyo juga diduga melanggar Perwali No 6 Tahun 2020 Tentang PSBB Pasal 16 yang berbunyi :

  1. Selama pemberlakuan PSBB, dilakukan pemberhentian sementara atas kegiatan sosial dan budaya yang      menimbulkan kerumunan massa.
  2. Kegiatan sosial dan budaya sebagaimana yang dimaksud pada ayat (1) termasuk pula kegiatan yang berkaitan perkumpulan atau pertemuan poin pada poin C . Hiburan.

Sehingga diduga H. Harnojoyo, S. Sos sebagai Walikota Palembang telah melanggar Perwali yang ditanda tanganinya sendiri.

Harapan kami agar pihak Polri dapat menegakan keadilan sehingga memberikan efek jera kepada semua lapisan masyarakat baik pejabat maupun rakyat biasa ”. Tutupnya

Komentar

Headline