oleh

Pemilihan Anggota BPD Desa Rantau Sialang Berjalan Sesuai Harapan

TRIBUNPOS  OGANILIR , SUMSEL – Warga Desa Rantau Sialang, Kecamatan Muarakuang, Kabupaten Ogan Ilir mengadakan pemilihan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Sabtu (1/8/2020).

Kepala Desa Rantau Sialang, Agus Nadi mengatakan pada pemilihan ini di bagi 2 dapil menyesuaikan dengan jumlah dusun. “Sejak pemungutan suara dibuka mulai pukul 07.00 WIB, antusias masyarakat untuk memilih wakilnya cukup tinggi dan kami bersyukur mulai tahapan penjaringan hingga pelaksanaan pemungutan suara semuanya berjalan lancar,” tandasnya.

Agus Nadi menambahkan, pemilihan anggota BPD Desa Rantau Sialang dilaksanakan secara demokratis. Pelaksanaan pemilihan BPD Desa Rantau Sialang juga didampingi oleh Kasi PMD, Kasi Trantib pemerintahan Kecamatan Muarakuang, serta PLD.

Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam sistem pemerintahan desa menempati posisi yang sangat penting. Ketua dan anggota BPD mesti memiliki ilmu pengetahuan dan wawasan yang luas, sebagaimana tuntutan dari fungsi dan wewenangnya.

Mengingat besar dan pentingnya fungsi BPD, masyarakat Desa Rantau Sialang antusias dalam pelaksanaan pemilihan anggota BPD Rantau Sialang masa bakti 2020-2026. Agus Nadi mengatakan,” calon anggota BPD diusulkan oleh setiap dusun. Usulan dari 2 dusun yang ada di Desa Rantau Sialang berhasil menjaring 7 orang calon. Ketujuh orang ini, akan dipilih oleh masyarakat menjadi lima orang”, jelasnya.

Pemilihan kali ini diselenggarakan dengan menempatkan satu Tempat Pemilihan Suara (TPS), jadi anggota yang akan terpilih berasal setiap dusun sesuai peraturan yang mengatur tentang BPD.
Dari keterwakilan wilayah pemilihan, yang terjaring sebanyak 7 orang dengan rincian calon anggota BPD dapil 1 sebanyak 2 calon, dapil 2 sebanyak 2 orang. Sedangkan calon BPD dari perwakilan perempuan terjaring sebanyak 3 orang perempuan yang akan dipilih oleh hanya perempuan se-Desa Rantau Sialang dan akan dipilih satu orang sebagai perwakilan perempuan.

Dari penghitungan suara setelah selesai pemungutan suara yang berlangsung sejak jam 07.30 sampai ditutupnya pemungutan suara pukul 12.00, diperoleh anggota BPD terpilih dari Dapil 1 yakni Holadin sebanyak 59 suara dan Fikri sebanyak 41 suara, Dapil 2 Darwansyah sebanyak 62 suara dan Subandi sebanyak 46 suara. Sedangkan dari Keterwakilan Perempuan yaitu Leni Oktati memperoleh 110 suara menggungguli 2 calon lainnya yaitu Zanjabila yang memperoleh 68 suara dan Rika Putri yang memperoleh 75 suara sebagaimana ditetapkan berdasarkan hasil pemungutan suara calon anggota BPD Rantau Sialang Periode 2020-2026.

Berdasarkan hasil perhitungan suara ditetapkan 5 orang sebagai anggota BPD terpilih periode 2020-2026 desa Rantau Sialang yakni; Darwansah, Holadin, Subandi, Fikri dan Leni Oktati sebagai wakil perempuan. Agus Nadi berharap, anggota BPD yang terpilih dapat bekerjasama dengan desa dalam memajukan pembangunan desa. Karena fungsi BPD sangat penting dalam pembangunan desa.

Kepala Desa Rantau Sialang, Agus Nadi berharap kepada calon anggota terpilih untuk bisa menjalankan dan melaksanakan tugas serta amanah dengan baik. Juga agar bisa menyuarakan aspirasi masyarakat sesuai peraturan perundangan yang berlaku.

Wartawan : Beta Aroni

Editor         : Yola

Komentar

News Feed