oleh

Pelantikan Karang Taruna Kecamatan dan Karang Taruna Desa Se-kecamatan Lubuk Keliat

TRIBUNPOS OGAN ILIR , SUMSEL – Bertempat di Aula Kecamatan Lubuk Keliat yang berlokasi di Desa Betung digelar acara pelantikan pengurus Karang Taruna Kecamatan dan Karang Taruna Desa Rabu, (26/08/2020) se-Kecamatan Lubuk Keliat.


Acara tersebut dihadiri dan disaksikan oleh Bupati Kabupaten Ogan Ilir yang di wakili oleh asisten I Sekda Ogan Ilir Drs. Abdul Rohman Rosidi, MM, MBA, Camat Kecamatan Lubuk Keliat Rusman A. Tholib, S.Ip, Kapolsek, Danramil, Ketua Karang Taruna Kabupaten Ogan Ilir Wahyudi ST, MPKT Ogan Ilir, Kepala Desa Se-Kecamatan Lubuk Keliat, Tokoh Masyarakat, dan Tokoh Agama, serta Para pengurus Karang Taruna Kecamatan dan Pengurus Karang Taruna Desa Se-Kecamatan Lubuk Keliat.

Kegiatan berjalan lancar sesuai dengan randown acara yang sudah di persiapkan dan menerapkan protokoler Kesehatan Covid-19 Sesuai anjuran pemerintah. Peserta dan tamu undangan sebelum masuk melakukan, cuci tangan, dan diberikan masker.

Diawali dengan menyanyikan lagu indonesia raya dan mars karang taruna, yang di Lanjutkan dengan pembacaan SK kepengurusan dan pengukuhan hingga sambutan-sambutan.

Dalam laporan kegiatan yang disampaikannya Wahyudi, ST. Selaku Ketua Karang Taruna Kabupaten Ogan Ilir mengatakan bahwa pelantikan karang taruna ini sebenarnya sudah direncanakan jauh-jauh hari sebelum adanya virus corona dan alhamdulilah sekarang sejak adanya kelonggaran pada masa pandemi covid-19 ini sehingga dapat dilaksanakan dan harus mentaati aturan sesuai dengan protokol kesehatan. Karang taruna sudah lengkap secara administrasi dalam organisasi karena selama ini karang taruna belum ada data karang taruna se-kabupaten Ogan Ilir ini, dan ketua karang taruna kabupaten pun berinisiatip memberikan kartu tanda anggota dan berdasarkan landasan undang-undang desa nomor 6 sekarang karang taruna mendapat anggaran sebesar 10 juta perdesa pertahun dan walaupun pada tahun ini terpotong karena covid-19.
Tapi menurut Wahyudi, ST, itu belum cukup, karena di undang-undang desa itu jelas bahwa ada dana pemuda.
Menurutnya, karang taruna merupakan salah satu organisasi yang mempunyai tingkatan sampai ke desa dan SK nya pun bertingkat. Karang taruna merupakan bagian di dalam pemerintahan sesuai dengan tingkatan masing-masing.

Sebab karang taruna harus ikut berperan aktif dalam program yang dilakukan oleh kementerian sosial sekarang ini yaitu untuk mendata ulang seluruh orang atau warga yang berhak mendapatkan bantuan sosial

Kementerian sosial mengubah skema pemberian bantuan yang sekarang datanya bersumber dari kepala desa yang bekerjasama dengan karan taruna dan dinas sosial untuk mendata warga yang pantas mendapatkan bantuan, sehingga kedepan tidak ada lagi orang yang tidak pantas dapat bantuan tetapi mendapat bantuan.

Ketua Karang taruna Kabupaten berpesan kepada semua Kepala Desa agar dapat menghilangkan masalah politik praktis yang ada di desa dan selalu bekerjasama dengan karang taruna yang ada di desanya. Tutupnya, Karang taruna sebagai kawa candradimuka bagi pemuda dalam berorganisasi untuk belajar cara membimbing organisasi karena karang taruna adalah sebagai calon pemimpin.

Dalam Sambutannya Bupati Ogan Ilir yang dibacakan oleh Asisten I Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir Drs. Abdul Rahman Rosidi, MM.MBA. mengatakan bahwa karang taruna sebagai wadah pengembangan generasi muda yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial. Oleh karena itu, kepengurusan karang taruna ini diharapkan dapat menggali aspek yang menyangkut permasalahan kesejahteraan sosial di masing-masing wilayah sesuai karakteristik yang ada, sekaligus menghasilkan rumusan, model maupun strategi penanganan permasalahan sosial kedepan secara bertahap tapi pasti, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Wartawan : Beta Aroni

Editor         : Indra Darmawan

Komentar

Headline