oleh

Monitoring dan Evaluasi DD – ADD Sekecamatan Sumber Harta Sukses

TRIBUNPOS MUSIRAWAS , SUMSEL – Kegitan monitoring dan evaluasi pengelolaan keuangan desa dalam Kabupaten Musi Rawas tahun 2020, yang dilaksanakan di Desa Sukamaju, tepatnya di gedung serba guna Desa Sukamaju. Selasa (11/08/20).

Adapun kegiatan monitoring tersebut dihadiri oleh pihak Pemerintahan Kabupaten DMPD melalui bidang 1, bidang 2 dan bidang 4 dan juga dari Pemerintahan Kecamatan yang di wakili oleh Kasi PMD Kecamatan, Kades sekecamatan berserta perangkat, juga Pendamping Desa.

Dalam hal ini di jelaskan oleh pihak pemerintahan melalui DPMD Kabupaten Musi Rawas, Andre. Menurutnya ,”Kami dari DMPD, monev ini guna untuk meluruskan sesuai dengan adanya Permendes, agar kegiatan yang ada di desa khususnya di Kecamatan Sumberharta ini pelakasanaan yang melalui dana desa (DD) itu sesuai aturan, baik admistrasi maupun yang lainnya. Dan dalam monev ini jika ada kesalahan biar mereka memperbaiki sebagaimana yang telah ditetapkan dengan aturan administrasi yang ada, terutama sesuai dengan peraturan Permendes”.

Disampaikan juga oleh Kasi PMD Kecamatan, Ibu Winarti menurutnya”kami dari pihak kecamatan sangat senang dengan adanya acara ini, karena kalau untuk semua administrasi DD dan ADD dapat diperiksa secara benar, nah kalau sementara ini sudah mencapai 99 persen pas tapi kalau untuk menyamakan administrasi dan fisik itu mungkin adanya acara ini dapat dibenahi secara administrasi yang benar kata dia dengan singkat”.

Disela – sela waktu disampaikan juga oleh kades Sumber Jaya, Nurbawi saat dibincangi dengan beberapa Kades lainnya. Menurutnya ” Kami dari kepala desa sangat berterima kasih atas adanya monitoring dan evaluasi ini, karena dengan adanya seperti ini kita bisa tau jika ada administrasi yang salah dapat kita benahi, karena semua itu dapat diperbaiki secara bersama – sama demi untuk pelaksanaan kedepannya kata dia”.

“Contoh SPJ Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) yang sudah dilaksanakan seperti Fisik dan Non Fisik tahab 1 dan 2,” tutup Nurbawi.

Senada hal yang di sampaikan oleh Lades lainnya yang sangat berterima kasih atas adanya acara ini

Terpisah, saat berbincang dengan Kepala desa Suka Maju, Boniyem menyampai,”sangat senang dengan adanya kegiatan monitoring dan evaluasi di Desa saya dan menjadi tuan rumah dalam kegiatan ini. Di sini dapat menjadikan sebuah pengalaman bagaimana menjadi tuan rumah yang baik untuk tamu – tamu, dan alhamdulillah semua kegiatan ini tidak ada kendala apapun,” bebernya singkat.

Wartawan : Andika Saputra

Editor        : Indra Darmawan

Komentar

News Feed