oleh

Medi : Proyek Tanpa Plang Informasi Jangan Seperti Pekerjaan Siluman Saja

TRIBUNPOS OKI , SUMSEL – Proyek pembangunan infrastruktur tanpa papan plang informasi di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Provinsi Sumatera Selatan, tepatnya di Dusun VI Mesuji Karang Indah desa persiapan dari desa kantong Desa Sungai Pinang Kecamatan Sungai Menang menuai perhatian warga setempat.

“Pemasangan plang informasi itu sifatnya wajib. Jadi kalau rekanan tidak memasangnya, sama saja melanggar aturan. Kan sudah jelas, sudah diatur dalam Permen PU,” ujar Medi salah satu tokoh di dusun VI Mesuji Karang Indah pada wartawan, Sabtu (05/09/20).

Menurutnya dan puluhan warga lainnya terkait pembangunan jalan setapak layang yang dibangun secara bertahap, dari tahap pembangunan jalan setapak layang beberapa tahun silam, rekanan tidak pernah memasang plang informasi kegiatan di lokasi proyek.

“Seperti halnya pembangunan jalan setapak layang pada tahun 2014 lalu, rekanan tidak memasangkan plang informasi kegiatan, jadi kami tidak pernah tahu siapa pelaksana kegiatan, dari satuan kerja mana, dan nama pihak rekanan yang menang tender, bahkan volume (panjang, lebar, tebal) pun nilai anggarannya juga kami tidak tahu. Terkesan ditutup – tutupi,” jelasnya.

Menurut Medi, pemasangan papan plang informasi kegiatan itu bertujuan agar masyarakat mengetahui sumber anggaran dan spesifikasi pekerjaan proyek dilaksanakan. “Kalau ada plang informasi, masyarakat dapat ikut berperan aktif melakukan pengawasan, agar proses dan hasil pekerjaan proyek yang dilaksanakan benar-benar sesuai aturan yang ditetapkan,” terangnya.

“Itu, belum sampai setahun jalan setapak layang yang dibangun sudah ambruk. Keponakan saya dengan dibantu warga lainnya terpaksa membuat jalan/jembatan terbuat dari bambu untuk menghubungkan jalan yang baru dibangun pada bulan Desember lalu,” tegasnya.

“Kami berharap satuan kerja dan rekanan kedepannya kalau ada proyek mohon di taaati peraturan yang ada, jangan seperti pekerjaan siluman saja. Pemasangan plang informasi proyek tersebut sifatnya wajib, sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 54/2010 dan Nomor 70/2012,” tutupnya.

Wartawan : Harmedi
Editor         : Indra Darmawan

News Feed