oleh

Kurangi Resiko Kebakaran, Damkar Palembang Usulkan Setiap RT Lakukan Penyuluhan

Laporan Wartawan : Hendra Wijaya, Tribun Pos Palembang, Sumsel.

TRIBUN POS, Palembang II Penyebab terjadinya kebakaran, khususnya wilayah di kota Palembang bukan hanya kebocoran gas tetapi penyebab lainnya yakni korsleting listrik. Karena korsleting bisa mengacu pada kondisi tertentu dimana listrik menyimpang diluar jalur yang ditetapkan dari arus listrik.


Hal itu diungkapkan oleh, Kepala Pemadam Kebakaran Deki Lenggardi melalui Kepala Pos (Kapos) Darius, saat dijumpai Tribunpos.com, kamis (17/6/2021).

Ia juga menambahkan bahwa sarana dan prasarana di kantor Pemadam Kebakaran Kota Palembang sudah lengkap, walaupun masih ada beberapa mobil damkar yang sudah tidak layak.  Akan tetapi, bila dalam kondisi darurat mobil damkar yang sudah tidak layak tersebut masih bisa jalan dan dipakai untuk membantu mobil damkar yang lain untuk padamkan api.

Sementara jumlah pos damkar yang tersebar diluas Kota Palembang, total ada 8 pos dan unit mobil damkar Kota Palembang, ” ada juga mobil damkar yang sudah canggih seperti mobil yang memiliki tangga, supaya bisa mengatasi kesulitan apabila terjadi kebakaran di gedung-gedung yang tinggi,” katanya.

” Sedangkan untuk medan sulit lainnya seperti lorong yang kecil sehingga mobil damkar tidak bisa masuk, maka petugas menggunakan teknik menyambungkan selang-selang sehingga bisa menjangkau lokasi kebakaran,”jelasnya.

Himbaunya, setiap RT yang berada dilokasi rawan kebakaran, harus mengadakan penyuluhan mengenai kebakaran supaya masyarakat bisa tahu bagaimana penanganan kebakaran termasuk langkah-langkah dalam mengurangi resiko terjadinya kebakaran. (red)

 

Wartawan : Hendra Wijaya
Editor : Putri

Komentar

Headline