oleh

Etika Sang Komandan Satpol PP Sumsel 

TRIBUNPOS PALEMBANG – Ramainya video seorang pria menghiasi medsos di laman berbagai Group WhatsApp (WAG) Sumsel menuai berbagai pandangan. Kenapa tidak sejak di berlakukannya Pergub 37 Tahun 2020 dan Perwali 27 Tahun 2020, penegakan disiplin protokol kesehatan, pemberlakuan sanksi bagi warga yang tidak mentaati aturan pelarangan atas penyebaran virus corona.


Komentar pun beragam bermunculan, dari para anggota group WA, baik itu kalangan LSM, Ormas,  Aktivis serta group alumni di Palembang.

Komentar tersebut antara lain ;

Rudi Pangaribuan

Ketua Presidium Aktivis Sumatera Selatan Bersatu (ASB) ketika dihubungi, Jum’at (18/9/20) mengatakan kepada Tribun pos dari postingan video yang tersebar di group WA tampak sosok gaya seorang yang patut berbicara seperti itu, terlepas itu telah dimanapun situasinya, karena kita berupaya nemberikan himbauan walau aturanya jelas dan di beri sanksi bagi pelanggar. Namun ada cara serta secara santun lah, ” lihat saja isi video-nya, apa pantas seorang pimpinan di salah satu instansi ASN berbicara terkesan Arogan,” katanya.

Diakuinya semua Group WA Sumsel sejak munculnya video tersebut terus di sikapi,belum lagi masing – masing anggota, ada juga group lain seperti Group Alumni sekolah dan lain. “ Itu akan di nilai pro kontra, positif negatifnya sikap, itu ditunjukkan, ” tegas Rudi pangaribuan ketua ASB.

Umar Abbas

Umar Abbas ketika, di hubungi Tribun Pos, usai sholat Jum’at (18/9/2020) Lembaga Independent Pemantau Apartur Negara (LIPAN) mengatakan menyikapi video yang beredar di media sosial tentang seorang pembantu Gubernur Sumsel Herman Deru sangatlah disayangkan. Dengan nada yang terkesan sombong dan mengacungkan jari, hendaknya melakukan teguran dan himbauan kepada masyarakat dengan cara yang humanis agar masyarakat lebih dapat  mematuhi protokol kesehatan. Tidak dengan nada angkuh dan sombong dengan menyatakan tidak ada yang tidak mengenal dia.

“Ayok kita sama – sama mensosialisasilan Perwali no 27 tahun 2020 tentang kewajiban mengunakan masker ketika keluar rumah”

“Gubernur (Pergub) Sumatera Selatan (Sumsel) Nomor 37 Tahun 2020 tentang Penerapan Protokol Kesehatan, masyarakat di sanksi denda bagi yang tak memakai masker”.

Ketika postingan itu ditayangkan  video berdurasi 0.56 detik, mulai di bertebaran di berbagai group pada Kamis siang (17/9/20).

Wartawan : Syaiful Jabrig

Editor        : Liz Chaniago

 

Komentar

News Feed