oleh

Warga Serang Mau Cetak KK dan Akta Kelahiran, Sekarang Cukup Pakai HVS

TRIBUNPOS SERANG – Saat ini menjadi keresahan bagi masyarakat setempat akibat Upt Dukcapil Kecamatan Cikande Kabupaten Serang cetak kartu keluarga dan akta kelahiran menggunakan kertas jenis A4 berukuran 80gram berwarna putih kecuali Kartu Tanda Penduduk (Ktp) dan Kartu Identitas Anak (Kia). Masyarakat jangan heran sekarang penerbitan dokumen kependudukan menggunakan kertas hvs berwarna putih. (Jumat, 3/7/2020)

Terhitung sejak Rabu tanggal 1 Juli 2020 kami mulai melaksanakan amanat Permendagri No. 109 Tahun 2019 dimana semua dokumen kependudukan menggunakan kertas jenis A4 ukuran 80gram warna putih tegas, Maman Arif Kepala Upt Dukcapil Kecamatan Cikande Kabupaten Serang saat dimintai keterangan oleh wartawan.

Dokumen-dokumen ini memang sangat penting bagi seluruh masyarakat Indonesia. Namun demikian, merujuk pada keputusan Permendagri Upt Dukcapil hanya mengikuti peraturan yang telah di tetapkan. Walaupun penerbitan dokumen Kependudukan menggunakan kertas hvs berwarna putih namun tidak bisa di duplikasi atau di palsukan karena sudah berbarcode dan sangat mudah untuk mengecek ke absahan nya melalui aplikasi hp andrioid”, jelas Maman Arif ke awak media tribunpos yang ditemui didalam ruangannya.

Dengan adanya keputusan tersebut Upt Dukcapil mengharapkan seluruh masyarakat di Serang dapat menerima semua keputusan dan kebijakan yang telah ada. Keputusan ini menjadi tak lazim bagi masyarakat setempat. Namun, ada beberapa warga keluhkan keputusan yang telah di tetapkan ini. Tak layak jika dokumen penting seperti Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran hanya dicetak dengan kertas yang biasa digunakan.

Masyarakat sangat mengharapkan agar Dukcapil dapat mengungkapkan semua keluhan dan keresahan yang terjadi kepada Permendagri. Dengan harapan nanti ada tinjauan ulang kembali terhadap keputusan tersebut dapat merubah keputusan dari Permendagri.

Wartawan : Hendi. S

Editor : Yolawati

Komentar

News Feed