oleh

Amerika dan Negara Serumpun akan Ramaikan Festival Golok Day

CILEGON, Tribunpos.com | Golok yang merupakan artefak budaya di Provinsi Banten, masih jadi sorotan masyarakat di dalam hingga luar negeri.

Hal itu dikatakan oleh Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Cilegon, Tini Suswatini, saat ditemui Tribunpos.com di ruang kerjanya, Senin, (15/04/2019).

“Acara Golok Day tersebut kita serahkan semuanya kepada mereka (Event Organizer) yang sudah keliling ke kabupaten dan kota di Indonesia bahkan ke luar negeri untuk mempromosikan kegiatan ini,” katanya.

Pihaknya juga akan menggandeng beberapa negara serumpun lainnya seperti Singapore, Malaysia dan Thailand, yang tahun lalu belum bisa bergabung dalam acara Golok Day.

“Pada November lalu, kita diundangan oleh Persatuan Silat Minang di Sumatera Barat, mereka mengundang kita ke acara Singapore dan Malasysia yang nanti negara tersebut akan hadir juga di acara kita,” ujarnya.

Pihaknya sudah mencatat beberapa negara yang akan meramaikan acara Golok Day seperti Amerika, Francis, Belanda, Belgia, Uzbekistan dan Cekoslowakia.

“Tahun lalu peserta dari negara lain mengirimkan masing – masing dua orang, namun sekarang kita mengharapkan lebih dari itu,” lanjutnya.

Artis Opik “Tombo Hati” yang merupakan pegiat komunitas Seni Golok Indonesia (SGI) dijadwalkan akan hadir pada acara tersebut, ia juga akan menggelar konser amal untuk korban Tsunami Selat Sunda. (**)

Wartawan: Yoman
Editor: Sandi Pusaka Herman

Komentar

News Feed