oleh

Taukah Kamu Ini Kepedulian Bupati Ilyas ke UMKM di Ogan Ilir

TRIBUNPOS, OGAN ILIR — Masyarakat Kabupaten Ogan Ilir sedang menggelar pesta demokrasi melalui Pilkada serentak 2020. Pilkada serentak ini tentunya akan menentukan masa depan masyarakat OI lima tahun mendatang.

Bagi warga Ogan Ilir khususnya pelaku UMKM, Pilkada serentak tahun ini akan menjadi momentum yang sangat krusial karena, siapa yang memimpin nantinya akan berperan penting di dalam kemajuan dunia usaha mikro kecil dan menengah di Ogan Ilir.


Seperti diketahui, banyak sekali UMKM yang berada di daerah Ogan Ilir, seperti contoh Kerajinan Perak yang berada di Tanjung Batu, Pandai Besi yang ada di Tanjung Pinang, Limbang Jaya, Tanjung Laut, Tanjung Dayang dan Mandi Angin. Kerajinan Alumunium di Tanjung Atap dan masih banyak kerajinan lainnya yang tersebar di Ogan Ilir.

Bisa dikata, Kabupaten Ogan Ilir adalah Sentral 1.000 UMKM di Sumatera Selatan. Hal ini menjadi sebuah keistimewaan dan kelebihan bagi Bumi Caram Seguguk.

Dalam situasi ini, peran pemimpin Ogan Ilir akan sangat krusial bagi UMKM yang berada di wilayahnya, karena jika kebijakan yang di ambil salah maka akan menyusahkan UMKM itu sendiri.

Tim tribunpos.com telah merangkum beberapa kebijakan-kebijakan dan program Bupati HM Ilyas Panji Alam yang akan membantu UMKM yang ada di Ogan Ilir.

1. Program Pinjaman Modal Bagi UMKM

Pemerintah Daerah dapat memberikan anggaran untuk pinjaman modal bagi UMKM, hal ini tentu akan membantu UMKM untuk mengembangkan usahanya.

2. Program Pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM) Bagi UMKM

Dengan program pelatihan SDM, diharapkan para pelaku UMKM dapat meningkatkan kompetensi dari SDM UMKM, hal ini akan berdampak positif bagi peningkatan kualitas produk UMKM.

3. Program Pembangunan Infrastruktur UMKM

Dengan majunya infrastruktur tentu akan berbanding lurus dengan kemajuan UMKM. Karena dengan sarana dan prasarana yang baik dapat memudahkan perkembangan UMKM.

4. Program Kemudahan Perizinan

Sebagai salah satu permasalahan yang sering ditemui UMKM, masalah perizinan akan selalu dirasakan pelaku UMKM, disini pemerintah dapat memberikan kemudahan bagi UMKM untuk masalah perizinan, yaitu dengan menggratiskan perizinan UMKM, hal tersebut akan memudahkan berkembangnya UMKM dan juga akan membuat kuantitas UMKM semakin berkembang.

Begitulah ulasan singkat yang tribunpos.com dapat bagikan, untuk itu diharapkan memberikan gambaran mengenai peran pemimpin terhadap kelangsungan UMKM.

Jadi, setiap warga Ogan Ilir, khususnya pelaku UMKM, diminta berpartisipasi di Pilkada Ogan Ilir mendatang. Karena nantinya kebijakan pemimpin Ogan Ilir yang baru akan menentukan masa depan rakyat dan pelaku UMKM Ogan Ilir tentunya. (**)

Penulis: Sandi Pusaka Herman Timur

Komentar

News Feed