oleh

7 Kabupaten di Sumsel Gelar Pilkada Serentak 2020

PALEMBANG, Tribunpos.com | Tahun 2020 mendatang akan ada 7 daerah tingkat Kabupaten, yang akan melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di Sumsel.

Ketua KPU Sumsel Kelly Mariana mengatakan proses Pilkada serentak akan dilaksanakan pada 2020, namun tahapannya akan berlangsung pada September 2019. Maka dari itu perlu ancang-ancang, terkait pagelaran tersebut.

Meskipun pihaknya saat ini tengah menyelesaikan seluruh perselisihan pemilu serentak 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK), namun KPU Sumsel telah menginstruksikan kepada KPU Kabupaten dan Kota untuk mengadakan koordinasi terhadap Pemkab setempat.

“Tahapan awal bulan September tahun ini sudah mulai. Koordinasi ini dilakukan dalam hal persiapan anggaran yang dibutuhkan menjelang pilkada serentak,” ujarnya.

Diterangkan Kelly, tahapan pilkada serentak akan sepenuhnya dimulai pada awal 2020.

Ia menyatakan Sumsel menjadi provinsi, yang daerahnya hampir 50 persen menyelenggarakan pilkada serentak.

“Tujuh daerah yang melaksanakan Pilkada di Sumsel, seluruhnya tingkat Kabupaten, yang telah menyelenggarakan pilkada 2015 lalu,” bebernya.

Ditambahkannya, daerah yang mengadakan perhelatan pilkada serentak yaitu, Kabupaten Ogan Ilir (OI), Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Musi Rawas (Mura), Musi Rawas Utara (Muratara). Kemudian Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Selatan, dan OKU Timur.

“Kalau secara resmi kita masuk menunggu KPU RI, namun jika berkaca pada Pilkada sebelumnya, tahapan berlangsung 11 Bulan, sehingga diperkirakan pencoblosan dilaksanakan pada bulan Agustus 2020 mendatang,” pungkasnya.

Sekedar informasi, untuk di Kabupaten OI, Bupati Ilyas Panji Alam kembali memiliki peluang besar bertarung dan meraih kemenangan. Namun Ilyas harus mencari calon Wabupnya yang bisa mendongkrak suaranya lebih besar.

Di Kabupaten PALI, pasangan Petahana Heri Amalindo- Ferdian Andreas Lacony masih memiliki potensi memimpin diperiode kedua.

Mura kepala daerah petahana Hendra Gunawan-Suwarti kemungkinan besar maju kembali.Muratara, ada Bupati-Wabup saat ini Syarif Hidayat dan Devi Suhartoni akan kembali maju.

OKU terdapat nama Drs H Kuryana Azis dan Wabup OKU Drs Johan Anuar, OKU Timur HM Kholid Mawardi- Fery Antoni, dan Kabupaten OKU Selatan Popo Ali – Sholehien Abuasir.

Dimana massa jabatan 7 Kepala daerah di Sumsel itu, akan berakhir pada 17 Februari 2021 mendatang. (Red)

Editor: Sandi Pusaka Herman
Sumber: Tribun Sumsel


Komentar

News Feed