oleh

Warga Mempertanyakan Jalan Lingkungannya yang Tak Kunjung Dibangun Kembali

TRIBUNPOS PRABUMULIH, SUMSEL – Masyarakat Kota Prabumulih tentu sangat-sangat berterima kasih kepada Pemerintah Kota Prabumulih terutama kepada Walikota Prabumulih Ir. Ridho Yahya, MM selaku orang nomor wahid di bumi Seinggok Sepemunyian ini karena telah banyak melaksanakan pembangunan. Pembangunan tersebut baik pembangunan fisik maupun pembangunan nos fisik seperti Jalan, Drainase, Perumahan , Pelatihan-pelatihan dan lain sebagainya.

Namun nampaknya hal tersebut tidak bagi masyarakat yang tidak dapat mengakses pembangunan. Seperti yang terjadi di Kelurahan Sukajadi tepatnya di RT. 03 RW. 03, 7 Tahun lebih sudah mereka bergumal dengan becek ketika musim hujan, berdebu ketika musim kemarau tiba, Jalan Lingkungan yang merupakan Jalan mereka tak ada tindak lanjut pembangunan lagi.


Jika dihitung-hitung usia 7 Tahun bukanlah waktu yang sedikit. Jika kita punya keinginan menjadi Kepala Daerah, usia tersebut adalah waktu kita memasuki 2 Priode Kepemimpinan jika kita masih terpilih. Begitupun jika kita ingin menjadi Wakil Rakyat, 7 tahun adalah usia memasuki 2 Priode keterwakilan kita terhadap suara rakyat jika kite tetap terpilih. Namun, kenapa masih ada Jalan Lingkungan yang rusak dan sebagiannya lagi Jalan tersebut tak tersentuh sama sekali pembangunan ?. Padahal Jalan Lingkungan tersebut hanya kurang lebih 2,6 KM dari Rumah Dinas Walikota, kurang lebih 10 Menit jika kita menuju Pasar, yang identik sebagai pusat kota. Artinya Jalan tersebut dekat dengan kota.

Berbekal informasi keluhan masyarakat setempat yang Jalan Lingkungan mereka rusak dan sebagiannya lagi tak pernah dibangun. Tim Tribunpos menelusuri satu per satu informasi tersebut. Hasil penelusuran Tim Tribunpos mendapati kebenaran informasi tersebut. Jalan yang dimaksud adalah Jalan Taman Indah I yang terletak di Kelurahan Sukajadi RT.03 RW. 03. Jalan tersebut dibagian depan Jalan menuju Jalan Utama sudah dibangun namun dalam keadaan rusak dan sebagiannya lagi adalah Jalan Tanah yang sama sekali tidak tersentuh pembangunan. Kondisinya becek dan dibeberapa bagian tergenang air terlihat swadaya masyarakat sendiri untuk menimbun genangan air tersebut dengan pecahan batu agar muda dilalui kendaraan. Jalan tersebut juga tidak ada drainasenya sehingga bekas air hujan menjalar ke badan jalan.

Keterangan dari beberapa warga setempat yang Wartawan Tribunpos gali menjelaskan bahwa Jalan tersebut sudah lebih dari 7 tahun belum pernah dibangun untuk bagian Jalan Tanahnya dan pernah warga bersama ketua RT mengajukan permohonan namun sampai saat ini belum juga dibangun. Keterangan tersebut diambil dari seorang warga setempat DH (35) saat itu sedang bersama istrinya, Selasa (03/11/2020).

“Lah 7 tahun Kaka disini, lah sering jugo ngajukan proposal, ” ujarnya.

Ditanya soal harapan kepada pihak terkait ia berharap Jalan mereka segera dibangun karena kondisinya sudah parah.

“Yo harapannya segera dibangun, kami ni saro kapan nak keluar ini noh parah jalan kito ni, Jalan Taman Indah I, ” ungkpnya sesekali ditimpali istrinya.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa jalan tersebut sudah sering diajukan untuk dibangun dan sudah sering juga beberapa kali poto-poto namun tak kunjung juga dibangun.

Hal senada juga diungkapkan warga lain kepada Tim Tribunpos, Selasa (03/11/2020) yang tidak ingin namanya disebutkan. Ia menuturkan bahwa Jalan Taman Indah I yang belum dibangun ini sudah lama belum ada tindak lanjut pembangunannya.

“Lah banyak yang ngeluh tapi agak di inikan dikit, sering moto-moto , diukur-ukur, “ungkapnya sambil menjelaskan panjang Jalan dengan bentuk T tersebut kurang lebih 310 Meter.

Lebih lanjut Tim Tribunpos mengamati Jalan Taman Indah I dibangian depan memang sudah dibangun lama namun dalam keadaan rusak. Menuju lebih masuk kedalam lagi terlihat sambungan Jalan Taman Indah I tersebut yang hanya tanah tanpa ada pembangunan jalan dengan rumah bejejer cukup padat.

Hingga berita ini diturunkan Tim Tribunpos akan mencoba mendalami, Kenapa Hingga Kini Jalan Tersebut Tak Kunjung Dibangun ?. Padahal sejatinya sudah banyak Jalan lain yang sudah beberapa kali mendapat perbaikan. Seperti Jalan disekitaran belakang Rumah Dinas Walikota Prabumulih, Jalannya sudah di Cor Beton kini ditambah lagi Mix Aspal.

Wartawan : Aries Prandiko

Editor         : Liz Chaniago

Komentar

Headline