oleh

Usai Kebakaran Lapas Tangerang, Ramai-ramai Cek Listrik, Termasuk di Rutan Baturaja

Laporan: Jum’ahludi/ Wartawan Tribunpos OKU, Sumsel

TRIBUNPOS, BATURAJA — Lembaga pemasyarakatan (lapas) dan rumah tahanan (rutan) di sejumlah daerah melakukan pengecekan instalasi listrik. Hal itu dilakukan usai insiden kebakaran lapas Tangerang, Rabu (8/9) dini hari yang diduga karena hubungan arus pendek.


Menkumham Yasonna Laoly mengungkapkan instalasi listrik di lapas Tangerang belum pernah dibenahi sejak berdiri pada 1972. Padahal, menurutnya, aktivitas penambahan daya listrik pernah dilakukan di bangunan tersebut.

Rutan Baturaja

Dari Sumsel, Kanwil Kemenkumham Sumatera Selatan melalui Kepala Divisi Pemasyarakatan menginstruksikan semua lapas dan rutan di Sumsel mengecek instalasi listrik yang ada.

Pengecekan juga dilakukan terutama pada instalasi listrik yang berada di dalam blok-blok hunian. Seperti kabel maupun stop kontak yang ada.

Tak butuh lama, instruksi itu langsung dilaksanakan oleh Rutan Klas IIB Baturaja. Petugas memeriksa jaringan listrik di lingkungan Blok hunian warga binaan, Kamis (9/9/2021).

Kepala KPR Rutan Baturaja, Ahmad Dio Putra memberikan pengarahan dan sosialisasi kepada warga binaan rutan terkait tentang peraturan di blok hunian, dan hal-hal yg tidak diperkenankan termasuk penggunaan instalasi listrik liar di kamar blok.

Visit Intel Polres OKU

Di hari sebelumnya, Rabu (8/9/2021) Rutan Baturaja disambangi tim dari satuan Intel Polres OKU.

Aiptu Eko Wibisono dan Bripka Romi Octri Sundaya, melakukan deteksi dini terkait musibah kejadian kebakaran di Lapas I Tanggerang. (red/jum)

Editor Berita: Sandi Pusaka Herman Timur

Komentar

Headline