oleh

UMKM Anda Mau Dapat Bantuan Rp40 Juta Cuma-cuma dari Pemerintah, Ini Syaratnya

TRIBUNPOS, NASIONAL | Pemerintah kembali meluncurkan program bantuan baru bagi yang terdampak pandemi Covid-19. Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemennaker) meluncurkan Bantuan Program Bantuan Sosial Jaring Pengaman Sosial (JPS)

Program ini dikeluarkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan pada tanggal 4 Oktober 2020 lalu. Program JPS Kemnaker Rp40 juta memiliki anggaran dana senilai Rp500 milyar. Anggaran tersebut, akan disalurkam kepada tiga program JPS Kemnaker Rp40 juta, yakni program Tenaga Kerja Mandiri (TKM), padat karya produktif, dan padat karya infrastruktur.


Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah menjelaskan mengenai tujuan dari program JPS yang baru diluncurkan oleh Kemnaker pada bulan Oktober 2020.

“Bantuan tersebut, agar para perempuan di daerah ini tetap mempunyai penghasilan dengan menjadi pelaku UMKM,” ucap Menaker Ida pada saat di Trawas, Mojokerto, Jumat 23 Oktober 2020.

Kemnaker meluncurkan program JPS Kemnaker Rp40 juta untuk membantu masyarakat agar bangkit kembali dari Pandemi Covid-19, terutama untuk memajukan kembali pelaku UMKM.

“Bantuan ini diharapkan dapat menyentuh langsung masyarakat yang terdampak Pandemi Covid-19 untuk membantu menghidupkan kembali wirausaha yang mereka tekuni,” ungkap Menaker Ida.

Bagi masyarakat yang akan daftar program JPS Kemnaker Rp40 juta, persyaratannya cukup simpel, yakni hanya melampirkan keterangan dari desa setempat, bahwa kelompok yang akan daftar, datanya terdaftar di desa terkait.

“Karena kalau ‘ribet’ bantuan untuk percepatan pemulihan ekonomi dampak Pandemi Covid-19 ini tidak akan diserap masyarakat,” kata Menaker Ida.

Adapun persyaratan lain, Menaker Ida menjelaskan bahwa setiap satu kelompok yang akan daftar program JPS Kemnaker Rp40 juta, hanya diisi dengan maksimal 20 orang. Setiap satu kelompok akan diberikan dana sebesar Rp40 juta untuk memenuhi kebutuhan kelompoknya.

“Maksimal 20 orang per kelompok. Bantuannya berupa uang tunai untuk modal usaha, membeli peralatan dan pelatihannya,” ucap Menaker Ida.

“Nantinya per kelompok akan mendapatkan bantuan uang tunai sebesar Rp40 juta per kelompok, untuk 20 orang maksimal tiap kelompoknya,” lanjutnya.

Dikarenakan bantuan JPS Kemnaker Rp40 juta ini untuk bisa bangkit kembali dari masa keterpurukan akibat Pandemi Covid-19, Menaker Ida Fauziyah membuat persyaratan yang tidak sulit, agar dananya bisa cepat dirasakan oleh masyarakat yang daftar.

“Cukup membentuk kelompok, ada surat pernyataan dari desa bahwa kelompok itu benar-benar ada di desanya. Jenis usaha tergantung kelompok dan kearifan lokal,” kata Menaker Ida.

Program JPS Kemnaker Rp40 juta ini, telah berjalan 40 persen dari total 12.500 kelompok penerima. Sementara, Per tanggal 2 Oktober 2020 program TKM sudah disalurkan kepada 1.985 kelompok wirausaha dengan melibatkan 39.700 orang dan 1.091 kelompok Padat Karya dengan melibatkan 21.820 orang.

Sementara, berdasarkan laporan dari Direktur Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (Binapenta dan PKK) Kemnaker, Suhartono, penyaluran program JPS Kemnaker Rp40 juta untuk Kelompok Perempuan di Kabupaten Mojokerto Tahun 2020, telah disalurkan kepada 15 kelompok yang terdiri dari 20 orang anggota. Sehingga, jumlahnya sebanyak 300 orang penerima.

Bagi Anda yang akan daftar program JPS Kemnaker Rp40 juta ini, berikut syarat yang harus dipenuhi, antara lain:

1. Pastikan Anda adalah Warga Negara Indonesia, memiliki KTP
2. Tidak sedang menerima bansos pemerintah
3. Membawa surat keterangan dari desa terkait
4. Telah membentuk kelompok, dan menentukan jenis usahanya
5. Daftar sesuai dengan jenis usaha, tergantung kelompok dan kearifan lokal.

Bagi Anda yang sudah memenuhi persyaratan tersebut, Anda bisa daftar melalui web resmi Kemnaker di www.kemnaker.go.id. (**)

Penulis: Sandi Pusaka Herman
Editor: Sandi Pusaka Herman

Komentar

Headline