oleh

TPI Kunjungi Lapas Probolinggo Berikan Penguatan Hadapi TPN

Laporan: Yuliono/ Wartawan Tribunpos Probolinggo, Jawa Timur

TRIBUNPOS, PROBOLINGGO — Tim Penilai Internal (TPI) lakukan kunjungan ke Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Probolinggo, Selasa (7/9/21). Kunjungan ini dipimpin oleh Inspektur Wilayah IV, Marasidin. Dalam kunjungannya, TPI didampingi oleh Tim Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Timur.


Tiba di Lapas Probolinggo pukul 09.00 Wib, Marasidin langsung meresmikan patung ‘Si Gombes’ yang merupakan maskot Pembangunan Zona Integritas Lapas Probolinggo menuju Wilayah Bebas dari Korupsi serta Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani.

Setelah peresmian patung ‘Si Gombes’, Marasidin dan rombongan memantau langsung layanan depan Lapas Probolinggo berupa layanan pendaftaran, penitipan barang/makanan, SITINA, Yankomas, dan layanan lainnya.

Memasuki area dalam Lapas Probolinggo, Marasidin dan tim disambut dengan penampilan yel-yel Pembangunan ZI Lapas Probolinggo yang dipimpin langsung oleh Risman Somantri, selaku Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Probolinggo.

Setelah itu, Marasidin dan tim mengecek layanan yang ada di dalam Lapas Probolinggo seperti layanan yang ada di Pojok Sakera. Ya, sebagian besar layanan warga binaan terletak di Pojok Sakera, seperti layanan SITINA, video call, wartelsuspas, perpusatakaan, dan self service.

Setelah memantau semua layanan yang ada di Lapas Probolinggo, Marasidin dan tim menuju Aula Lapas Probolinggo untuk memberikan evaluasi dan penguatan Pembangunan ZI. Sebelumnya, ditampilkan terlebih dahulu video jingle, profil Pembangunan ZI, serta Risman selaku Kalapas juga langsung memaparkan proses Pembangunan ZI yang ada di Lapas Probolinggo.

Evaluasi pun diberikan oleh Tim Penilai Internal (TPI) setelah semuanya telah ditampilkan dan dipaparkan. Lapas Probolinggo masih mendapat catatan penting dari TPI terkait layanan serta inovasi yang ada.

TPI meminta tim Pokja Lapas Probolinggo untuk segera memperbaiki apa yang menjadi catatan untuk Lapas Probolinggo karena nantinya TPI juga akan memperjuangkan satker-satker yang lolos dihadapan TPN, termasuk salah satunya Lapas Probolinggo. (red/yuli)

Editor Berita: Sandi Pusaka Herman Timur

Komentar

Headline