oleh

Tes Dini Covid-19, Kepala Desa dan Masyarakat Labuhan Batin way serdang Lakukan Test Swab massal

TRIBUNPOS MESUJI, LAMPUNG || Tes antigen adalah tes imun yang berfungsi untuk mendeteksi keberadaan antigen virus tertentu yang menunjukkan adanya infeksi virus saat ini. Rapid test antigen biasanya digunakan untuk mendiagnosis patogen pernapasan, seperti virus influenza dan respiratory syncytial virus (RSV). Namun, Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) memberikan otorisasi penggunaan darurat (EUA) untuk tes antigen sebagai tes untuk mengidentifikasi SARS-CoV-2.

Rapid test antigen bekerja paling baik ketika orang tersebut dites pada tahap awal terkena infeksi SARS-CoV-2, di mana beban virus umumnya paling tinggi. Tes ini juga bermanfaat untuk mendiagnosis orang-orang yang diketahui memiliki risiko besar untuk terpapar virus corona.


Rapid test antigen juga digunakan sebagai tes skrining di mana pengujian berulang dapat dengan cepat mengidentifikasi orang yang terinfeksi SARS-CoV-2, sehingga tindakan pencegahan penularan infeksi dapat segera dilakukan. Namun, bila hasilnya didapati positif, dokter masih perlu melakukan tes PCR untuk memastikan diagnosis.

Seperti kita ketahui bersama meningkatnya kasus  covid-19 di berbagai daerah termasuk salah satunya di kabupaten Mesuji, memicu masyarakat Desa labuhan Batin kecamatan way Serdang untuk memeriksakan diri dan melakukan tes swab antigen guna mendeteksi keberadaan virus berbahaya ini di dalam tubuh.

Kepala Desa labuhan Batin Ahmad menjelaskan hari ini kami melaksanakan kegiatan tes swab Untuk warga labuhan batin kerjasama dengan bidan desa dan di bantu tenaga medis puskesmas Hadi mulyo, ada sekitar 30 kepala keluarga yang tes swab dan yang positif terpapar covid-19 sebanyak  6 orang dan langsung melakukan  isolasi mandiri, selanjutnya di bawah pengawasan team medis dan kita beri obat- obatan multivitamin dan beras 10 kilo,  telor dan susu,” ungkapnya.

ia juga berpesan kepada pasien yang di nyatakan positif terinfeksi virus corona, jangan stres dan pusing  Rasa khawatir akan Covid-19 yang memburuk mungkin jadi bayang-bayang setiap hari.

“Saya buat beberapa kegiatan salah satu upaya untuk menagulangi pandemi covid-19 karena  memang ada peningkatan di kecamatan way Serdang. Oleh karena itu kami mengambil langkah cepat agar penyebaran virus ini segera teratasi,” tutupnya.

 

 

wartawan : Zain Tribunpos Lampung

Editor : Indra patriansyah

Komentar

Headline