oleh

Tahun 2021, Jumlah PHK di Palembang Menurun, Ini Alasan Disnaker

Laporan Wartawan : Rosa Romilah, Tribun Pos Palembang, Sumsel

TRIBUN POS, Palembang II Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Palembang memprediksi tahun ini, jumlah tenaga kerja yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) mengalami penurunan. Hingga saat ini, yang melaporan hanya sekitar 7oan kasus, jauh lebih kecil dibandingkan tahun lalu yang menyentuh angka 196 kasus, yang menimpa 384 tenaga kerja.


Kasi Syarat Tenaga Kerja Disnaker Kota Palembang, Afick Adfrizal  mengatakan penurunan terjadi rata-rata perusahaan sudah melakukan penyesuaian dengan kondisi pandemi saat ini.

” Dibanding  tahun ini, tahun lalu pelaporaan tercatat dua kali lipat,” katanya saat di wawancarai di ruang kerja, Jumat (18/6/2021).

Jelasnnya, pihak perusahaan sudah melakukan berbagai kebijakan supaya perusahaan tetap jalan, salah satunya dengan melakukan efisiensi biaya seperti pengurangan gaji dan penekanan anggaran biaya yang lain.

Disisi lain, beberapa perusahaan memang ada yang melakukan pengurangan gaji karyawan. Ini  adalah langkah penyesuaian mereka dan biasanya kasus itu, hanya selesai diintern pihak mereka saja seperti bipartid, tidak tripartid dengan Disnaker.

” Tetapi, rata-rata kasus yang dilaporkan paling banyak menyangkut pembayaran pesangon dan hak-hak karyawan yang tidak sesuai, sehingga terjadi pelaporan. Pihaknya pun memaklumi karena situasi pandemi,” ulasnya

Lanjutnya, laporan yang ada akan segera  ditindaklanjuti dan  pihaknya pun melakukan pemanggilan dengan perusahaan terkait.

” Biasanya kalau ada laporan kita fasilitasi langsung tahap tripartid,” tutupnya. (red)

 

Wartawan :  Rosa Romilah
Editorr : Putri

Komentar

Headline