oleh

SMKN 3 OKU Lepas 252 Siswa Ikuti Praktek Kerja Lapangan, Dihadiri Komisi II DPRD

Laporan: Jum’ahludi/Wartawan Tribunpos OKU, Sumsel

TRIBUNPOS, BATURAJA — SEBANYAK 252 siswa SMK Negeri 3 Ogan Komering Ulu (OKU), dilepas untuk melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) tahun pelajaran 2021/2022 di beberapa tempat Dunia Usaha (DU), Dunia Industri (DI) dan Kantor Pemerintahan.


Pelepasan siswa dan siswi ini dilakukan Kepala SMKN 3 OKU Eddy Dharmansyah SPd MSi diwakili Waka Humas Drs Komarudin MPdI di halaman sekolah, Kamis (2/9/2021).

“PKL bagi siswa dan siswi SMK merupakan proses pembelajaran di dunia usaha dan dunia industri yang sudah ditetapkan dan diagendakan setiap tahun bagi siswa kelas XI. Jadikan prakerin ini wadah pembelajaran sekaligus mengaplikasikan ilmu yang sudah di terima di sekolah,” kata Komarudin.

Ia mengimbau, agar seluruh siswa dan siswi melaksanakan PKL dengan penuh disiplin, tanggungjawab serta mengikuti seluruh aturan yang telah di tetapkan DuDi maupun instansi pemerintah dan swasta tersebut.

“Pelepasan siswa untuk mengikuti kegiatan PKL dilakukan dalam rangka untuk memperkenalkan siswa terhadap dunia usaha dan dunia industri selama enam bulan kedepan. Kegiatan ini juga untuk memperkenalkan mereka ke dunia usaha dan dunia industri karena anak SMK dilatih untuk berwirausaha,” ungkapnya.

Dijelaskannya, dalam kegiatan PKL siswa diberikan kesempatan untuk mengetahui sendiri tentang dunia usaha sehingga ketika siswa menamatkan pendidikan tidak ada kendala yang dihadapi di dunia kerja nanti.

“Sehingga mereka tahu sendiri suka duka di dunia kerja. Karena di dunia kerja tidak selalu berjalan mulus. Selalu ada suka dan dukanya serta tantangan yang mereka hadapi,” jelasnya.

Kegiatan pelepasan siswa PKL ini juga dihadiri Anggota DPRD OKU Komisi II, Naproni ST MKom.

Nopri yang juga sebagai Wakil IDUKA (Industri Dunia Usaha dan Dunia Kerja) datang untuk memberikan support kepada siswa siswa yang akan mengikuti PKL.

“Harapan kedapannya agar siswa PKL bisa langsung dikaryakan setelah setelah usai menerima ijazah nanti,” ucapnya. (Red/Jum)

Editor Berita: Sandi Pusaka Herman Timur

Komentar

Headline