Liputan Wartawan : Kurniawan, Tribun Pos Empat Lawang, Sumsel

TRIBUN POS, EMPAT LAWANG | Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Empat Lawang, melalui Kepala Bidang Pendidikan Anak Usia Dini Selvy Anggraini menjelaskan bahwa sangat diperlukan Pendidikan Anak dari Usia Dini untuk mengasah kepribadian anak.


Menurut Nadiem Makarim Mendikbud, Pendidikan anak usia dini (Paud) adalah tempat membentuk karakter dan kepribadian anak, sehingga anak bisa bermain belajar dan mengekpresiakan diri, mengekplorasi kemampuan, belajar beradpatasi dengan lingkungan dan berintraksi dengan teman-temannya. Namun malah dipersepsikan sebagai tempat penitipan anak dikalangan masyarakat.

Kabid Disdik Selvy Anggraini, mengajak peran serta semua lapisan masyarakat khususnya orang tua agar memasukan anaknya di Paud sebelum masuk prasekolah (Sekolah Dasar).

Saat ini jumlah Taman Pendidikan Anak Usia Dini dan Taman Kanak-Kanak (PAUD/TK) di Kabupaten Empat Lawang berjumlah 154. 136 diantaranya sudah mendapatkan dana Bantuan Operasional Siswa sedangkan 18 sekolah yang baru belum mendapatkan BOP.

Untuk proses pengajuan BOP syaratnya siswa minimal sembilan (9) orang persatu sekolah. Sekolah tersebut sudah berjalan setidaknya 1 tahun. Sedangkan katagori Paud anak Usia 3 sampai 4 Tahun dan TK anak usia 4-6 Tahun. Dana BOP cair pada tahap pertama akhir Maret dan Tahap kedua Akhir september sebesar masing-masing Rp. 300 ribu.

Menurut keterangan Selvy Anggraini saat ini ada 7 Desa yang belum ada Paud maupun TK, dan diharapakan desa-desa tersebut secepatnya mendirikan Paud/TK. ” Tujuh (7) Desa tersebar di Paiker yaitu Muara Sindang dan Muara Aman, Tebing Tinggi Desa Gelanggang dan Sugih Waras untuk Pendopo Desa Lubuk Layang dan Kecamatan Lintang Kanan Desa Endalo dan Tanjung Jati,” Ucap Selvy. R

” Untuk desaa-desa yang belum ada Paud/TK kami akan Fasilitasi untuk pengajuan dana BOP karena ketujuh desa tersebut sudah masuk di dafttar Khusus Kepmen 580/2020 tentang Desa yang belum memiliki Paud,” ungkapnya

Saat dihubungi Pejabat Kepala Desa Muara Sindang Kecamatan Pasemah Air Keruh melalui pesan whatsapp menerangkan bahwa desanya sudah ada Paud namun memang baru bikin.

” Ini Paud Muara sindang sambil mengirimkan Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan,” bebernya.

Ditempat terpisah, Bunda Paud Empat Lawang Hj. Hepy Safriani Joncik.SKM mengatakan Paud adalah kesempatan yang tidak terulang dan kembali lagi. (red)

Wartawan : Kurniawan
Editor : Sandi Pusaka Herman Timur

Komentar

Headline