oleh

Sekolah Jurnalistik Desa dan Jaringan Berita Charma Targetkan Desa Modern Rakyat Sejahtera   

TRIBUNPOS PALEMBANG, SUMSEL ꟷ Potensi yang sangat banyak dimiliki desa tentunya diperlukan anak muda yang inovatif, kreatif dan smart dalam menggerakkan perubahan agar desa menjadi lebih baik, maju dan modern.

Desa merupakan miniatur sebuah Negara, kuat dan kokohnya perekonomian negara tergantung  di desa. Saat ini program pembangunan nasional sepertinya masih belum kelihatan nyata. Tidak tersedianya lapangan pekerjaan di desa merupakan faktor penyebab anak-anak muda yang memiliki pendidikan dan keterampilan mencoba mengadu nasib di perkotaan.

Disambangi usai latihan menembak di lapangan tembak kampus kota Palembang, Charma Afrianto, ketua umum DPW PPMI Sumsel, mengutarakan terkait sumber daya alam dan sumber daya manusia yang belum sepenuhnya dimanfaatkan oleh Desa.

“Sebagai warga yang ingin berkontribusi untuk perubahan desa agar lebih maju dan modern, pemuda-pemudi harus turut serta mencerdaskan warga desa setempat. Dengan ilmu yang mereka terima dari bangku pendidikan SMA sederajat, keterampilan khusus yang dikuasai dan keterbukaan pemerintah desa dalam membangun desa. Saya yakin desa akan cepat mengalami metamorfosa, dari desa yang tertinggal menuju Desa yang maju bahkan modern,” ungkap Charma, Minggu (21/06/20) .

Jika peran pemuda telah “berpengaruh” di masyarakat, artinya mereka telah berhasil menyampaikan ilmu pengetahuan dan wawasan yang mereka peroleh baik dari pendidikan formal pun non formal. Kunci rakyat sejahtera adalah ketika rakyat memiliki pengetahuan dan cerdas dalam memanfaatkan potensi yang ada.

“Dalam menyampaikan dan menerima informasi yang aktual dan faktual, diharapkan pemuda-pemudi desa dapat terlibat dalam isi informasi tersebut. Wadah yang tepat bagi pemuda-pemudi desa adalah ‘Sekolah Jurnalistik Desa’ yang sekarang sedang gencar-gencarnya dilakukan oleh rekan-rekan di media cetak dan online TRIBUNPOS,” tambahnya.

Charma mengapresiasi atas inisiatif dan langkah rekan-rekan di media TRIBUNPOS dalam mencerdaskan warga desa melalui program ‘Sekolah Jurnalistik Desa’ yang siap mencetak 1 Jurnalis, 1 Humas Desa, 1 Youtuber Desa dan 1 Media (Website) Desa di setiap Desa se-Nusantara.

“Pada Sabtu malam (20/06/20), saya menghadiri rapat koordinasi dan konsolidasi di kantor berita media Tribun Pos. Program kerja dan tujuan mereka sangat jelas dalam mencerdaskan warga desa, bahkan dalam musyawarah tersebut rekan-rekan yang hadir sepakat untuk membangun induk wadah berita, yaitu ‘Jaringan Berita Charma’ (Red,- CHARMA = Channel Rakyat Bersama) atau disingkat JBC,” jelas Charma.

Mengakhiri wawancara, Charma menyampaikan bahwa melalui ‘Sekolah Jurnalistik Desa dan JBC’ dia berkeyakinan penuh desa akan lebih maju lagi bahkan menjadi desa modern seperti yang diharapkan. (Red-TP)

Wartawan : Andi Wijaya, Deddy Iswanto & Kastam
Editor : Indra Darmawan

Komentar

News Feed