oleh

Rudiantara: Teknologi Harus Dijadikan Alat Ciptakan Lapangan Kerja

Laporan Wartawan Tribunpos.com Badiamin Sinaga dari Arena HPN 2019 Surabaya

SURABAYA, Tribunpos.com | Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2019 diadakan di Surabaya Jawa Timur, 6-9 Februari. Sejumlah acara pun digelar, salah satunya konvensi nasional media massa yang diisi oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, di Hotel Seraton, Ju’mat (8/2).

Dalam konvensi yang bertema “Winner Take All Market” Menkominfo zaman Jokowi ini menyampaikan, bahwa digitalisasi tak boleh menjadi momok atau ketakutan melainkan kekuatan untuk maju.

“Teknologi harus dijadikan alat untuk menciptakan lapangan pekerjaan.” papar Rudiantara.

“Sudah ada banyak contoh betapa teknologi membantu perekonomian masyarakat” ujarnya.

“Beberapa platform ternama seperti Gojek, Bukalapak dan Tokopedia merupakan beberapa bukti positif pentingnya digitalisasi,” terangnya.

Menurut pandangan Rudiantara, digitalisasi bisa mengurangi kesenjangan ekonomi di masyarakat. Dalam beberapa platform yang disebutkan tersebut, 75 persen masyarakat yang join di dalamnya belum pernah berbisnis sama sekali, namun akhirnya menemukan kesempatan untuk berwirausaha.

“Tujuan kami adalah mengawinkan UMKM dan digital,” sambungnya.

“Menkominfo juga menyampaikan tentang shared economy yang juga menjadi faktor pendukung perkembangan ekonomi berbasis digital yakni tidak lagi memiliki pikiran yang berpatok pada aset, melainkan pada pengetahuan manusia dan skill atau kemampuan itu sendiri,” ungkap Rudi.

“Gojek ketika mendapat suntikan dana apakah dibelikan motor? Motor punya siapa? Shared economy itulah yang dijadikan pengembangan bisnis,” tuturnya lagi.

“Dirinya berharap dengan semakin dipermudahnya urusan apa pun karena adanya teknologi, di masa depan akan semakin banyak anak muda yang menjadi enterpreneur atau wirausahawan. Optimis Indonesia Tambah Jaya,” tutupnya.

HPN Tahun 2019 ini juga akan dihadiri Presiden RI Ir Joko Widodo pada Sabtu 9/2/2019. Selain presiden, informasinya bakal dihadiri tamu kehormatan dari 25 Kedutaan. (**)

Editor : Sandi Pusaka Herman


Komentar

News Feed