oleh

Rozali Ditetapkan Tersangka Dugaan Pidana Migas, Kuasa Hukum Ajukan Penangguhan Penahanan

Laporan: Siti Fatimah/ Tribunpos Muba, Sumsel

TRIBUNPOS, SEKAYU — Rozali warga Musi Banyuasin, Sumsel, ditetapkan sebagai tersangka atas dugaan kasus tindak pidana eksplorasi dan eksploitasi migas, dan telah melakukan kelalaian yang mengakibatkan hilangnya nyawa orang lain.


Melalui kuasa hukumnya, Defi Iskandar SH MH, Rozali akan mengajukan penangguhan penahanan, Rabu (06/10/21).

Istri tersangka langsung sebagai penjamin.

Permohonan dilayangkan usai pihaknya menerima kuasa dari saudara Rozali.

“Jadi saya sebagai kuasa hukum dari saudara Rojali mengajukan surat penangguhan penahanan kepada Kapolres Musi Banyuasin. Terhadap permohonan kami itu saya ajukan atas dasar, yang pertama ada jaminan dari istri saudara yang menjamin bahwa tersangka saudara Rozali tidak akan melarikan diri dan akan selalu kooperatif dalam proses hukum pidananya,” terang Defi.

Dijelaskan Defi , kliennya tidak pernah melakukan pembakaran.

Menurutnya, pembakaran itu diduga berasal dari lahan milik terduga saudara Pen yang menyambar ke lahan milik klien kami tersangka Rozali.

“Kami sangat sayangkan pihak penyidik dari Polres Musi Banyuasin tidak pernah melakukan klarifikasi terhadap klien kami, yaitu dengan cara memberikan undangan klarifikasi untuk dilakukan interview atau wawancara,” ungkapnya.

Kemudian, tanpa pemberitahuan surat perintah dimulai penyidikan sebagaimana yang diatur dalam peraturan Kapolri bahwa SPPD paling lambat selama 7 hari diserahkan kepada Jaksa Penuntut Umum pelapor dan terlapor wajib menerima SPPD.

“Seharusnya penyidik sebelum menetapkan klien kami sebagai tersangka terlebih dahulu memberikan SPPD (surat pemberitahuan dimulainya penyelidikan) baru dilakukan gelar perkara penetapan tersangka, apabila dua kali panggilan klien kami tidak hadir maka pihak penyidik berhak melakukan upaya paksa,” ujarnya.

Defi berharap, pihaknya mengajukan permohonan penangguhan penahanan ini agar Kapolres Musi Banyuasin dapat mengabulkan permohonan kami ini.

“Jika permohonan kami tidak dikabulkan, maka dengan berat hati saya selaku kuasa hukum dari tersangka Rojali akan mengajukan permohonan pra peradilan dugaan tidak sah-nya penetapan status tersangka dugaan tidak sah-nya penangkapan dan dugaan tidak sah-nya penahanan,” kata Defi.

“Apabila terjadi suatu kebakaran yang mengakibatkan 5 rumah hangus terbakar, apakah pihak penyidik menetapkan kelima pemilik rumah tersebut menjadi tersangka, atau melakukan penyelidikan apa penyebab dari kebakaran tersebut? Dan kediaman siapa api tersebut berasal?,” tutupnya. (red/ima)

Editor Berita: Sandi Pusaka Herman Timur

Komentar

Headline