oleh

Proyek Pekerjaan Pelebaran Ruas Jalan Simpang Haji-Lubuk Dalam Dapat Apresiasi Masyarakat

Laporan: Novi Irawan/ Wartawan Tribunpos OKU Selatan, Sumsel

TRIBUNPOS, MUARA DUA I – Pekerjaan pelebaran ruas jalan Simpang Haji – Lubuk Dalam Kabupaten OKU Selatan mendapat apresiasi dan respon positif dari berbagai kalangan masyarakat baik pengguna roda dua maupun empat.


Proyek yang bersumber dari Anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2021 ditangani oleh PT Karya Utama Bangun yang diawasi langsung oleh konsultan pengawas CV Titania Cipta Consultan.

Kepada awak media Tribunpos.com (24/11/21) salah satu warga masyarakat Febri mengungkapkan, merasa puas dengan hasil pekerjaan yang dilakukan oleh perusahaan tersebut.

“Ini memang bukan sesuatu yang terbilang langka namun hampir setiap harinya pada seluruh titik yang dilalui pengendara termasuk saya sendiri sangat memuaskan dengan kualitas pekerjaan yang dihasilkan karena sangat mulus dan rapi,” akuinya.

Menurut Febri, ini membuktikan bahwa kontraktor yang dipercaya mengerjakan ruas jalan Simpang Haji – Lubuk Dalam memiliki pekerja-pekerja yang handal dan berkualitas sehingga hasil yang diperoleh pun sangat memuaskan.

“Hasilnya sesuai, dengan nilai anggaran yang diperuntukkan bagi pekerjaan jalan tersebut. Karena selama ini yang sering kita dengar banyak persoalan yang terjadi terkait macetnya berbagai proyek sementara anggarannya telah cair begitu pula bangunannya juga tak selesai alias terbengkalai,” bebernya.

Atas hasil pekerjaan dimaksud, Febri juga menyampaikan apresiasinya kepada pimpinan PT. Karya Bangun. Pasalnya, menurut dia, jarak tempuh ruas jalan cukup jauh namun dikerjakan dengan penuh ketelitian sehingga memperoleh hasil yang memadai dan memuaskan.

“Ini juga membuktikan bahwa pihak perusahaan atau kontraktor yang memenangkan tender memenuhi syarat serta prosedur untuk dipercayakan mengerjakan proyek yang nilai anggaran cukup besar ini. Apalagi proyek dengan anggaran milyaran rupiah ini terbilang sangat besar sehingga selalu menjadi sorotan publik, sambung Febri.

Kepala Dinas Pekerjaan umum dan Penataan Ruang (PU-PR) Kabupaten OKU Selatan A Farit Effendi melalui Kepala Bidang Bina Marga Armada Sazuri, ST mengatakan, untuk kegiatan pekerjaan diruas jalan Simpang Haji – Lubuk Dalam yang saat ini tengah dikerjakan pihak kontraktor, adalah kegiatan pekerjaan Cor beton sepanjang 3500 Meter, kegiatan pengaspalan 1 Kilo meter, ditambah dengan kegiatan pembangunan drainase dan gorong-gorong.

Seperti diketahui, pelebaran jalan merupakan bagian dari salah satu kegiatan preservasi, dan merupakan bentuk penanganan jalan dengan cara mencegah. Kemudian, perawatan dan perbaikan jalan juga untuk mempertahankan kemantapan jalan agar berpungsi dengan optimal serta mendukung kegaiatan penyelegara jalan. Dengan memberikan kenyamanan dan keamanan bagi penggunan jalan, sesuai dengan umur rencana yang ditetapkan.

“Diharapkan, kepada pihak kontraktor yang dipercaya dalam melaksanakan kegiatan pembangunan pelebaran jalan ini. Agar dapat mengerjakan pekerjaanya tepat pada waktu yang telah ditentukan, dan dikerjakan sesuai dengan petunjuk teknik yang ada,” tegasnya.

Lebih lanjut, Ia menuturkan untuk ruas jalan Simpang Haji – Lubuk dalam sepanjang 34 Kilo meter, dan akan direncanakan setiap tahunya, dilakukan pekerjaan peleran dan rekontruksi jalan. Dikarenakan, ruas jalan yang telah dikerjakan pembangunanya baru beberapa Kilo meter saja.

“Untuk lanjutan, pekerjaan pembangunan pelebaran jalan direncanakan hingga Simpang Lubuk serai, dan untuk pekerjaan rekontruksi akan dilakukan pekerjaanya hingga Simpang Lubuk dalam, ” tutupnya.” pungkasnya. (Novi)

Editor Berita: Sandi Pusaka Herman Timur

Komentar

Headline