oleh

Ponpes Ini Gratiskan Santri Yatim dan Dhuafa

Laporan Wartawan Tribun Pos, Rivaldo Putra, Pagaralam, Sumsel

PAGARALAM, Tribunpos.com I Pondok Pesantren (Ponpes) Izzul Quran di Pagaralam, Sumatera Selatan, menyediakan slot gratis bagi santri yatim dan dhuafa.

Menurut Ust Chairurrijal S Pd I AlHafizh selaku ketua yayasan, bahwa Ponpes Izzul Quran menerima santri baru sebanyak 60 santri, dan 80 persen dari santri tersebut merupakan penduduk lokal.

“Santri kita disini, 70 persen adalah yatim dan dhuafa, yang betul betul kita gratiskan, tanpa biaya apapun, baik pendidikannya, fasilitasnya makannya semuanya gratis. Adapun 30 persennya santri yang berbayar, itupun masih bisa di negosiasi, tergantung keadaan orang tua,” kata dia kepada Tribunpos.com, Minggu (14/07/2019).

Lanjut dia, bahwa santri yang mondok di Ponpes yang berpusat di Palembang tersebut, bukan berasal dari Kota Pagaralam saja. 20 dari jumlah santri berasal dari berbagai daerah.

“Selebihnya santri berasal dari Palembang, dan ada juga beberapa santri berasal dari Bandung Jawa Barat,” ujar dia.

Santri Pondok Pesantren (Ponpes) Izzul Quran, Pagaralam, Sumsel. (Dok. Rivaldo)

Chairurrijal menambahkan, bahwa program utama yang di gadang Ponpes tersebut merupakan Tahfidzul Quran. Namun ada juga program pendukung lainnya.

“Program diniyah, yang merupakan pembelajaran ilmu keagaman, seperti ilmu fikih, tafsir, hadits dan lain sebagainya. Kemudian program ekskul, yakni ilmu komputer, dan lainnya, yang membuat santri mandiri kedepannya,” ucap dia.

Sementara itu, Minci salah satu orangtua wali murid menuturkan, bahwa dirinya sangat bersyukur dapat memasukkan anaknya belajar di Ponpes tersebut.

“Alhamdulillah, saya merasa sangat terbantu dengan kehadiran Ponpes ini. Sebab, benar benar digratiskan bagi yatim dan dhuafa. Semoga, anak anak kami diberkahi, diridhoi Allah SWT, dalam menuntut ilmu agama, dan dalam menghafal Al-Quran,” tutur dia. (Red)

Editor: Sandi Pusaka Herman

Komentar

News Feed