oleh

Polres Mesuji Gelar Apel Gabungan Operasi Yustisi 2020

TRIBUNPOS MESUJI , LAMPUNG – Guna Penertiban dan Penegakkan Hukum Protokol Kesehatan Covid-19 di wilayah Mesuji dilaksanakan kegiatan Apel Gabungan Operasi Yustisi 2020, bertempat di Alun-alun Desa Simpang Pematang. Sabtu ( 19/08/2020), tadi pagi.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kompol M. Jony (Waka Polres Mesuji), Kompol Dwi S (Kabag Ops Polres Mesuji), Kompol Efendi K (Kabag Sumda Polres Mesuji), Mayor Kav AR. Chaerul, ST ( Danramil Mesuji), Selamet (Kasat Pol PP Kab. Mesuji), Para Kasat Polres Mesuji, Para Perwira Polres Mesuji.


Peserta Apel sebanyak 176 Personil terdiri dari,” Personil TNI/Koramil Mesuji (12 Pers), Personil Polri/Polres Mesuji ( 97 Pers), Personil Pol PP Kab. Mesuji ( 60 Pers), Personil Linmas (7 Pers).

Kegiatan ini dalam rangka Operasi Yustisi Penertiban dan Penegakkan Hukum Protokol Kesehatan Covid-19 di wilayah Mesuji yang di pimpin Wakapolres Mesuji Kompol M. Jony menyampaikan amanat Kapolres Mesuji, mengatakan, Apel Gabungan dalam rangka Operasi Yustisi seharusnya dilakukan minggu lalu , namun karena belum adanya Sprin dari Pemda Mesuji maka kita laksanakan terlebih dahulu.

Lebih lanjut, Operasi Yustisi atau penertiban dan penegakan Hukum ini dilaksanakan dalam rangka Pencegahan Virus Covid-19 yang berdasarkan Pergub 54 Tahun 2020 dan Perbub 37 Tahun 2020. ” Ini tanggung jawab kita untuk memutus mata rantai Virus Covid-19 di Indonesia yang mana terus meningkat,” ujarnya.

” Untuk wilayah Kabupaten Mesuji yang tadinya zona hijau sekarang menjadi kuning karena sudah ada 10 orang yang terpapar, Kita akan melakukan penegakan kepada masyarakat yang tidak memakai masker, masyarakat yang berkerumun, dan pelaku usaha yang tidak menyediakan tempat cuci tangan dan handsinitezer,” papar Kompol M. Jony.

lanjutnya menekankan,” Kita harus cerdas dalam melaksanakan kegiatan ini, jangan sampai melakukan peneguran kepada masyarakat, kita tidak menjaga jarak kepada masyarakat, karena bisa jadi orang tersebut terpapar dan dapat menularkan kepada kita,” imbuhnya.

Kompol M. Jony juga menghimbau melakukan tindakan tidak diluar kontrol, menggunakan etika dengan baik dan berharap Mesuji cepat pulih dan pasien yang sudah terpapar segera sembuh, semoga kegiatan ini bisa dilaksanakan dengan baik.

Dengan adanya pasien di wilayah Tanjung Raya yang terpapar dan masih berkeliaran di luar karena tidak mau dilakukan test swab.

” Saat ini Pemda Kabupaten Mesuji telah menyediakan tempat isolasi bagi pasien yang terpapar Covid-19 , Silahkan nanti bisa memberikan teguran, tindakan dengan cara yang simpati, sehingga masyarakat yang di tegur merasa senang dan msyarakat bisa menerima atas sanksi tersebut,” tuturnya.

Dalam kegiatan Apel tersebut Kabag Ops Polres Mesuji Kompol Dwi S juga menyampaikan pendisiplinan Operasi Yustisi, tindakan kita tidak boleh memberikan denda, walaupun sudah ada didalam Perbub 37 Tahun 2020 akan tetapi belum diterapkan, walaupun sudah ada didalam Perbub 37 Tahun 2020 akan tetapi belum diterapkan.

Lanjutnya, Operasi Yustisi dimulai Pukul 09.00 WIB kegiatan Penertiban Protokol Kesehatan yang dilakukan Personil Gabungan di lokasi yang sudah di tentukan di 5 titik gabungan dari TNI, Polri, Pol PP, dan Linmas. ” Titik Pertama di Jalan menuju Masjid Agung Simpang Pematang, Titik Dua di Jalan menuju ke Pasar Simpang Pematang, Titik Ketiga berada di Pasar Simpang Pematang, Titik Keempat di Simpang Marbun, Titik Kelima di Simpang Brabasan, dan kegiatan Operasi Yustisi ini dilakukan setiap hari di seluruh Kab. Mesuji,” terang Kompol Dwi S.

Beliaupun menjelaskan melakukan tindakan kepada masyarakat yang tidak memakai masker, hanya tindakan fisik berupa Push-Up atau menyanyikan Lagu Nasional serta pelaksanaan agar di dokumentasikan.

Saat ini kegiatan Operasi Yustisi dalam rangka Penertiban dan Penegakan hukum Protokol Kesehatan penanganan Covid-19 di wilayah Kabupaten Mesuji sedang berlangsung.

Wartawan : Aris Rinaldi,SE
Editor         : Indra patriansyah

Komentar

News Feed