oleh

Polisi Ringkus Satu Orang dari Komplotan Pencuri Bermodus Gembos Ban Mobil di Palembang

Laporan: Hendra/ Wartawan Tribunpos Palembang, Sumsel

TRIBUNPOS, PALEMBANG — Polrestabes Palembang melalui Team Tekab 134 Satreskrim, berhasil menangkap satu orang pelaku, dari komplotan pencuri dengan modus gembos ban mobil, yang sering beroperasi di Palembang.


Kelompok ini disebut kerap mengambil barang di mobil yang digembosi saat pemiliknya lengah karena memperbaiki ban.

Tersangka yang ditangkap bernama Adi Cahyono alias Cahyo warga Jalan May Zen, Lorong Kapling, Kelurahan Sei Selayur, Kecamatan Kalidoni Palembang, yang juga seorang residivis kasus 363 KUHP.

Pelaku diberi tindakan tegas, lantaran mencoba kabur saat akan ditangkap di daerah Pusri Palembang, Kamis (19/8) sekitar pukul 19.30 Wib.

Kasat Reskrim, Kompol Tri Wahyudi didampingi Kanit Pidum, AKP Robert P Sihombing mengatakan, bahwa pelaku ditangkap atas ulahnya melakukan perkara tindak pidana lencurian dengan lemberatan (curat) sebagaimana dimaksud dalam Pasal 363 ayat 1 ke 4-e KUH.

Kejadian itu terjadi pada Kamis (19/8) sekitar pukul 15.10 WIB di Jalan Dr M Isa, Kecamatan IT III Palembang dengan korban Nurseri (45) warga Jalan Peternakan Raya, Komplek Griya Fattah Blok A, Kecamatan Sukarami, Palembang.

“Pelaku ini melakukan aksinya berdua dengan rekannya yang masih dalam pengejaran, dengan modus mengikuti korban yang mengendarai mobil Toyota Raize nopol BG 1281 XO dari Bank BNI KM 5 menuju ke MAYBANK di Jalan Letda A Rozak,” terang Kasat Reskrim.

Saat melintas di TKP, pelaku ini memberi tau sesuatu, kemudian korban berhenti dan mengecek ban kendaraan sebelah kiri belakang kempes.

Namun saat akan mengambil dongkrak datang, pelaku bersama rekannya ini menggunakan sepeda motor matic langsung mengambil tas milik korban yang di letakan di atas jok sebelah kiri depan.

Kemudian pelaku langsung melarikan diri ke arah kandang kawat.

Dan atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian berupa satu buah tas sandang warna coklat merek Elisabeth yang berisikan uang tunai sebesar Rp20 juta.

“Dari hasil laporan itulah anggota kita berhasil meringkus pelaku, tapi saat akan ditangkap di kawasan Pusri Palembang pelaku mencoba kabur, sehingga dihadiahi timah panas karena tidak menghiraukan tembakan peringatan anggota kita,” ucap Kompol Tri.

Dari hasil interogasi yang dilakukan, lanjut dia mengatakan, bahwa pelaku merupakan resedivis kasus 363 KUHP.

“Dari tangan pelaku anggota kita turut mengamankan barang bukti berupa uang tunai sebesar Rp5,5 juta, satu helai baju kaos warna biru, satu helai celana pendek, satu buah tas milik korban dan satu buah helem warna merah,” tambah Kasat.

“Untuk pelaku lainya masih dalam pengejaran dan untuk identitas pelaku ini, sudah kita kantongi dari hasil keterangan pelaku Cahyo saat dilakukan interogasi,” tukasnya. (Red/Hendra)

Editor: Sandi Pusaka Herman Timur

Komentar

Headline