oleh

Palembang Juara Umum Porprov Sumsel, Anton: Ini Hasil Keringat, Tangis dan Darah Para Atlet

Laporan: Syaiful Jabrig/ Tribunpos Palembang, Sumsel

TRIBUNPOS, PALEMBANG I – Kota Palembang mendapatkan gelar juara umum di Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) Sumsel XIII tahun 2021 di OKU Raya. Setelah 2 tahun absen sebagai Juara Umum.


Kota Palembang meraih 120 emas, 98 perak, dan 123 perunggu. Di tempat kedua Kabupaten Musi Banyuasin dengan 114 emas, 84 perak, 68 perunggu. Sedangkan tuan rumah OKU Selatan harus puas di posisi ketiga dengan 60 emas, 46 perak, dan 49 perunggu.

Hasil juara umum ini menjadikan Palembang mengulang sejarah 2 tahun lalu ketika mampu meraih juara umum PORPROV Sumsel ke XI.

“Ini penantian 2 tahun dimana Palembang kembali juara umum,” ujar Anton Nurdin Ketua Umum KONI Palembang, Senin (29/11/21).

Menurut Anton, hasil ini merupakan perjuangan dan kerja keras yang luar biasa dari atlet, pelatih, tim dan keluarga kontingen Palembang.

“Ini hasil dari keringat, tangis dan darah, buah dari kerja keras, ketekunan dan kedisplinan serta kerjasama seluruh stakeholder olahraga di Kota Palembang,” katanya.

Anton mengatakan, kemenangan juara umum kali ini juga didorong oleh spirit besar dari semua yang berlaga dan mendukung, sesuai dengan motto KONI Palembang adalah ‘Kito Galak, Kito Pacak, Kito Juara’.

“Juara Umum Ini bukan sekedar prestasi medali, namun bukti cinta para atlet kepada Kota Palembang,” katanya.

Dihadapan Wali Kota H Harnojoyo, Ketua KONI Kota Palembang Anton Nurdin menjelaskan perjuangan atlet, official dan pengurus.

“Kontingen silat yang luar biasa, terakhir kita kejar – kejaran dengan Muba di OKU Selatan. Ada pesilat kita yang patah kaki, namun tetap berjuang akhirnya memperoleh emas,” jelasnya.

Di Porprov OKU Raya ke XIII, jelas Anton Nurdin, kontingen Muba yang menjadi pesaing terberat. Kejar – kejaran medali di akhir perhelatan terus dilakukan para atlet.

“Piala ini untuk masyarakat dari para atlet. Alhamdulilah para atlet telah mengembalikan marwah Kota Palembang,” terangnya.

Dikesempatan itu juga Anton Nurdin mengharapkan kelengkapan beberapa saran dan prasana olahraga, seperti sarana untuk atlet menembak.

“Selama ini atlet menembak kita menumpang di sarana Bank Sumsel Babel, dan kami mohon kedepan bisa dilengkapi,” jelasnya.

“Kami KONI Kota Palembang mengucapkan terima kasih atas suport dari pemerintah kota dan semua steakholder, dan kami terus mengharapkan arahannya,” ucapnya.

Walikota Palembang Kehabisan Kata-kata, Janjikan Bonus Atlet Segera Cair

Dikesempatan yang sama Wali Kota Palembang H Harnojoyo kehabisan kata – kata atas semangat, upaya para atlet yang telah berhasil membawa piala bergilir ke Palembang.

“Semangat ini jangan pundar, lanjutkan untuk mensukseskan program Palembang Emas Darussalam. Tanpa kekompakan, kebersamaan tujuan kita tidak akan tercapai, terima kasih patriot olahraga,” terang politisi Demokrat ini.

Dikesempatan itu juga Harnojoyo menerangkan bila untuk bonus atlet Pemerintah Kota Palembang menganggarkan dan telah disepakit dengan DPRD.

“Januari telah bisa dicairkan, Kepala BPKAD segera diurus, medali Emas Rp 15 jt, Perak Rp 10 jt dan Perunggu Rp 7,5,” tandasnya.

Sekedar untuk diketahui, ueforia masyarakat Kota Palembang menyambut kemenangan tim Palembang juga terasa saat trophy bergilir Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) diarak keliling Kota Palembang tiba di rumah dinas Wali Kota, Senin (29/11).

Kedatangan rombongan atlet, official dan pengurus KONI langsung disambut Wali Kota Palembang H Harnojoyo. Rasa bahagia bercampur haru terlihat di raut muka Walikota Palembang ini. (Syaiful Jabrig)

Editor Berita: Sandi Pusaka Herman Timur

Komentar

Headline