oleh

Optimalisasi Penggunaan Medsos Berwawasan Kebangsaan

Laporan : Tribunpos Batam 

 

TRIBUNPOS, BATAM |Wakil Gubernur Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhanas) RI, Marsekal Madya TNI, Wieko Syofyan pada acara Focus Group Disscussion (FGD) Kamis (8/4/2021) di Batam mengatakan penggunaan media sosial telah menjadi kebutuhan kehidupan masyarakat.

Menurutnya berdasarkan hasil penelitian disebutkan, setiap hari rata-rata orang menghabiskan waktu 140 menit untuk berselancar diberbagai aplikasi media sosial saat ini sudah menjadi candu bagi masyarakat.

Ia menyebutkan karakteristik media sosial yang interaktif, menarik, cepat dan mudah diakses menjadikan kekuatan besar dalam membentuki pola kehidupan masyarakat. Media sosial mampu menyebarkan pesan secara revolusioner. Efek yang ditimbulkan dari pesan tersebut dapat menjadi sedemikian luas sehingga mempengaruhi sikap dan perilaku kolektif masyarakat.

Media sosial sejak awal tahun 2000-an turut menandai dimulainya era demokratisasi informasi digital.  Seiring dengan terbukanya arus informasi, muncul berbagai ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Tantangan terberat adalah ketika Pancasila sebagai ideologi negara dan falsafah bangsa tidak lagi menjadi wacana dan pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” ujar Wieko Syofyan

Ia mengatakan pancasila merupakan ideologi hidup di tengah masyarakat yang harus selalu dijaga. Karena keutuhan Indonesia sebagai negara kesatuan tergantung dari bagaimana warga negara menjaga nilai-nilai pancasila sebagai falsafah bangsa.

“Salah satu cara menjaga nilai-nilai pancasila adalah dengan memberikan pengetahuan wawasan kebangsaan yang lebih luas sehingga masyarakat mendapat pemahaman yang lebih mendalam mengenai visi besar dari sebuah negara,” bebernya

Wieko Syofyan, berharap pada diskusi ini akan mendapat masukan suatu konsep pemikiran tentang bagaimana optimalisasi penggunaan media sosial untuk menyebarluaskan pemahaman wawasan kebangsaan secara lebih menarik dan informatif.

“Optimalisasi peran media sosial guna mengembangkan wawasan kebangsaan,” jelasnya.

Editor: Nopri | RED

Komentar

News Feed