oleh

Operasi Patuh Krakatau 2020 dan Aksi Sosial Satlantas Polresta Balam

TRIBUNPOS BANDAR LAMPUNG — Operasi patuh Krakatau kali ini cukup berbeda, bukan hanya memfokuskan pada Penindakan bagi pengendara yang melanggar aturan lalu lintas, namun di sela Operasi patuh Krakatau satuan polisi lalu lintas (polantas) juga memberikan tali asih berupa paket sembako dan masker gratis bagi para kaum dhuafa yang berada di lokasi jalan protokol kota Bandar lampung diantaranya di Jalan Walter Mengonsidi, jalan R.A Kartini, Ahmad Yani dan jalan Diponegoro protokol kota Bandar lampung, (28/07/20).


Sejumlah personel Satlantas Polresta Bandar Lampung menjumpai sejumlah kaum dhuafa yang sempat melintas di jalan raya, langkah petugas ini sejalan dengan tema Ops Patuh Krakatau 2020, yaitu dengan disiplin dan berpedoman pada protokol kesehatan untuk memutus mata rantai Covid-19.

Kapolresta Kombes Pol. Yan Budi melalui Kasat Lantas AKP Rafli Yusuf Nugraha menyampaikan, pelaksanaan operasi patuh kali ini akan disesuaikan dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), sifatnya lebih ke tindakan persuasif dan humanis, bukan sepenuhnya tindakan hukum. “Adapun persentasinya 20% tindakan represif, 40% tindakan preemtif dan 40% tindakan preventif hukum yang kami lakukan. Karena itu, pihaknya menyiapkan ribuan masker gratis untuk dibagikan kepada masyarakat serta puluhan paket sembako sebagai langkah humanis sosialisasi pencegahan penyebaran Covid-19,” paparnya.

Masih kata dia, langkah tersebut sebagai wujud tindakan persuasif yang lebih berorientasi kepada AKB, dalam rangka pencegahan penyebaran dan memutus mata rantai Covid-19

Selanjutnya Khusus sasaran razia kendaraan kali ini bersifat tematik. “Jadi akan lihat pelanggaran yang lebih dominan saat ini seperti apa, kalau disini pelanggaran yang paling dominan adalah terlihat secara kasat mata dan menindak pelanggar yang tidak menggunakan helm. Sasaran tematik saat ini yang akan ditindak adalah pengendara motor yang tidak menggunakan helm, melawan arus atau menerobos lampung lalu lintas,” jelasnya.

Namun begitu Rafli menyebutkan bukan berarti pengendara kendaraan roda dua atau empat bebas dalam operasi ini. Tetap akan dilakukan pemeriksaan kelengkapan surat-surat kendaraan, penggunaan masker, lampu sen tidak menyala, lampu strobo dan pelanggaran lain, termasuk juga pengendara motor, bukan hanya tidak menggunakan helm saja yang akan kita tindak. “Kelengkapan surat-surat pun akan kami periksa, begitu juga penggunaan masker, melawan arus, menggunakan hp saat mengemudi serta pelanggaran lain,” ungkapnya.

“Kami siap menciptakan Kamseltibcarlantas dan pengamanan Idul Adha 1441 H yang kondusif di wilayah hukum Polresta Bandar Lampung agar Operasi Patuh Krakatau membawa perubahan yang dampaknya dapat dirasakan langsung masyarakat, kesadaran disiplin dan ketaatan ketertiban masyarakat dapat meningkat agar menekan timbulnya kecelakaan serta memutus mata rantai Covid 19″. Tutupnya. (Red/T)

Wartawan : Firdaus Juliantara

Editor         : Indra Tribunpos

Komentar

News Feed