oleh

Nah Loh! DPR Minta Subsidi Pupuk Dicabut

TRIBUNPOS.COM I JAKARTA – Di tengah gelombang protes petani terhadap alokasi pupuk bersubsidi yang merosot, Wakil Ketua Komisi IV DPR, Hasan Aminuddin mengusulkan agar subsidi pupuk dicabut dan dialihkan ke subsidi harga komoditas pertanian.

Subsidi harga dilakukan melalui badan usaha milik desa (BUMDes). Kemudian diikut sertakan dalam penyertaan modal rakyat (PMR). Dengan demikian, subsidi akan lebih tepat sasaran dan keuntungannya kembali kepada rakyat.


Sebagai informasi, tahun ini pemerintah membelanjakan Rp 26,6 triliun untuk 7,94 ton pupuk bersubsidi. Sementara tahun 2019, pemerintah membelanjakan Rp 29 triliun untuk 9,55 ton pupuk bersubsidi.

Hasan mengatakan, penyediaan subsidi pupuk hanya menimbulkan kegaduhan di lapangan setiap tahunnya. Tepatnya, ketika akan ada pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Orang tidak punya sawah dan yang punya sawah teriak pupuk langka. Sementara Kementerian Pertanian membantah terjadi kelangkaan,” kata mantan Bupati Probolinggo selama dua periode ini.

Karena itu, ia mendesak pemerintah mencabut subsidi. “Jadi, saya mendesak supaya subsidi ini dicabut supaya tidak menimbulkan kegaduhan,” kata politisi Nasdem ini.

Hasan juga menyebut, kebijakan subsidi pupuk juga terbukti tidak mampu mendongkrak produksi padi. “Sudah sering petani dimanjakan subsidi, tapi tidak ada peningkatan produksi,’ ujarnya.

Dia mengatakan bahwa subsidi pupuk hanya membuat petani terlena sehingga tidak mendidik. Untuk itu, pihaknya menyarankan supaya subsidi pupuk dicabut dan dialihkan melalui subsidi harga.

Selanjutnya para petani dididik para ahli pertanian untuk belajar bercocok tanam yang benar  dan beralih untuk menerima teknologi pertanian yang baru.

Di sini, lanjutnya, akan terjadi proses pembelajaran kepada petani, bagaimana bercocok tanam yang benar. Belajar penggunaan teknologi pertanian, dan beralih dari kebiasaan menggunakan pupuk kimia ke pupuk non organik. (Red/Kaka)

Editor : Sandi Pusaka Herman

 

 

Komentar

Headline