oleh

Meski Sudah Digempur, Dukungan Warga Banten untuk Jokowi Ma’ruf Masih Tak Memuaskan

JAKARTA, Tribunpos.com | ‘Banten masih perlu perjuangan, usaha keras di Banten tentu’ itulah sepanggal kata yang diucapkan Jusuf Kalla setelah memimpin rapat di kediamannya di Jalan Brawijaya Raya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (17/12/2018) kemarin.

Wakil Presiden yang menjabat sebagai Ketua Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin mengungkapkan masih perlu perjuangan keras untuk mengontrol suara calon petahana tersebut di Provinsi Banten.


Seperti diketahui pada 2014, Presiden Joko Widodo tak meraih kemenangan di Banten. Selain itu, dua provinsi lain yang tidak berhasil dikuasai Joko Widodo pada pemilihan Presiden 2014 adalah Jawa Barat dan Sumatra Barat.

Menurutnya, selain Banten ada beberapa daerah lain yang memang perlu penetrasi lebih karena elektabilitas pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin kurang kencang di sana. Namun JK enggan merinci daerah-daerah tersebut.

Dari evaluasi yang dilakukan TKN Jokowi-Ma’ruf di 2 bulan masa kampanye, diketahui ada daerah-daerah yang telah memberikan dukungan secara penuh, dan ada daerah yang masih perlu ditingkatkan oleh tim TKN.

Pengamat politik lokal Banten menilai, meski sudah berulang kali Banten digempur lewat kebijakan dan dukungan para tokoh, ternyata Jokowi Ma’ruf belum berhasil membuat gebrakan besar terhadap dukungan calon pemilih terhadap paslon nomor urut 01, khususnya di provinsi ini.

Buktinya, sampai hari keikutsertaan Calon Wakil Presiden, Ma’ruf Amin yang tak lain putra setempat, belum juga mampu menggugah perolehan dukungan dari masyarakat Banten sendiri. (Red/Jakarta/Banten)

Editor : Sandi Pusaka Herman

Komentar

News Feed