oleh

Menikmati Panorama Keindahan Bukit Telunjuk Lahat, Rugi Kalau Anda Tak Datang Kesini

PALEMBANG, Tribunpos.com | Selain terkenal dengan destinasi wisata Puncak Dempo, Sumatera Selatan juga lekat dengan panorama keindahan alam Bukit Telunjuk.

Bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alamnya dari atas ketinggian, cobalah mengunjungi Bukit Telunjuk. Destinasi ini terletak di Kecamatan Merapi, Kabupaten Lahat.

Berjarak sekitar 20 Km dari kota Lahat, destinasi ini bisa ditempuh menggunakan kendaraan roda empat, sekitar 15 menit perjalanan.

Namun, jika anda bepergian dari Muara Enim, lokasi wisata ini ditempuh dengan jarak 20 Km memasuki kota Lahat, bukit itu terlihat jelas di sebelah kiri. Di bawahnya terdapat sebuah lokasi camp untuk menjinakkan, melatih, dan mendidik gajah.

Wisatawan berfoto dengan latarbelakang Bukit Telunjuk. (Dok. Tribunpos)

Kalau menurut cerita masyarakat setempat, ada sekitar 40 ekor sudah dijinakkan di tempat ini, namun baru sebagian yang dapat diandalkan untuk para pengunjung. Anda dapat juga membuat foto dengan gajah-gajah itu.

Menariknya lagi, tak jauh dari tempat ini pengunjung juga bisa menikmati keindahan bintang dari atas ketinggian saat malam hari.

Seusai menikmati gemerlap bintang, pagi harinya, wisatawan bisa outbound ataupun fun game. Namun sayangnya, pengelola belum menyediakan tenda.

Beberapa tempat di bawah bukit terdapat juga tempat untuk berkemah atau rekreasi. Para pramuka dan anak-anak muda acapkali mengunjungi tempat-tempat itu. Ada sebuah sungai kecil dengan air yang jernih dan belum tercemar yang dapat menyegarkan anda.

Bagi wisatawan ataupun komunitas yang mau nge-camp, tendanya bisa bawa sendiri.

Penduduk setempat, menyebut Bukit Telunjuk juga dengan Gunung Jempol, padahal cuma terlihat seperti bukit. Karena bentuk puncaknya yang menyerupai jari telunjuk yang menunjuk ke arah langit. Ya itulah jadi dinamakan Bukit Telunjuk.

“Bukit Telunjuk ini menawarkan view pemandangan alam yang berbeda, selain suasana perbukitan, juga ada panorama alam Ayek Lematang (baca; Air Sungai Lematang),” kata pengelola Wisata yang juga sebagai Ketua Pemuda Wisata, Ansori kepada Tribunpos.com, Sabtu (8/6/2019). (Red)

Wartawan: Hibza Meiridha Badar
Editor: Sandi Pusaka Herman

Komentar

News Feed