oleh

Menhub Tinjau Persiapan Arus Mudik di Pelabuhan Merak, Sebut Mudik Tahun Ini Berbeda

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau kesiapan arus mudik lebaran 2018 di Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (2/6/2018).
Laporan Wartawan Tribun Pos : Badiaman Sinaga / Merak Banten

TRIBUNPOS.COM, MERAK — Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau kesiapan arus mudik lebaran 2018 di Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (2/6/2018).

Pantauan Tribunpos.com di Pelabuhan Merak, Budi tiba pukul 12.30 WIB. Dia didampingi oleh Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi serta Dirut PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry, Ira Puspadewi.

Budi dan rombongan datang disambut GM ASDP Cabang Merak Fahmi Alweni, Wakapolda Banten Kombes Tomex Korniawan, Dirlantas Polda Banten Kombes Tri Julianto Djatiutomo, serta Karo Ops Polda Banten Kombes Hermansyah.


Setelah tiba, Budi dan rombongan menuju kantor PT ASDP Cabang Merak untuk melakukan rapat koordinasi secara tertutup. Hadir dalam rapat di ruang ASDP tersebut, Kepala KSOP Merak Banten Yefri Medison dan Kepala BPTD Wilayah Kerja VIII Banten, Jonny Siagian.

Setelah melakukan rapat koordinasi, Budi dan rombongan menuju terminal keberangkatan pelabuhan. Budi dan rombongan melakukan peninjauan di Dermaga VI.

Mengenakan rompi dan helm pengaman, Budi dan rombongan melihat dermaga yang tampak tengah dalam pembangunan.

Dalam tinjauan ke Dermaga VI itu, Menhub mengatakan, mudik tahun ini berbeda dengan mudik tahun sebelumnya. Soalnya, ASDP telah menyiapkan dermaga VI sebagai dermaga khusus bagi para pengendara sepeda motor. Mereka (pengendara) diarahkan melalui jalur bawah bangunan proyek premium yang sudah tahap Pinising.

“Pemudik tahun ini di Pelabuhan Merak dipastikan akan adem. Sebab mereka diarahkan melalui jalur bawah bangunan proyek dermaga. Jadi tak lagi harus berpanas-panasan,” ucap Budi.

Untuk sekedar diketahui, Dermaga VI yang disiapkan khusus untuk para pemudik sepeda motor tersebut merupakan dermaga baru yang ada di Pelabuhan Merak, sehingga total ada enam dermaga yang beroperasi pada musim mudik 2017 ini. Jumlah lahan parkir yang ada di Pelabuhan Merak ini akan mampu menampung hingga 6.000 kendaraan pribadi dan di dermaga VI sebanyak 3.000 sepeda motor. (Red)

Editor : Sandi Pusaka Herman

Komentar

News Feed