oleh

KI Sumsel Apresiasi Layanan Informasi Pelindo II, Kori: Ini Bisa Jadi Contoh Badan Publik Lain

TRIBUNPOS, PALEMBANG — PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II semakin membuka diri terkait informasi yang dibutuhkan masyarakat.

Hal ini disampaikan General Manager Commercial PT Pelindo II melalui Deputy General Manager Commercial Darmawi saat menerima kunjungan kerja Komisi Informasi (KI) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).


PT. Pelindo II juga mempresentasikan standar layanan informasi yang dituangkan dalam Website Perusahaan. Dalam presentasi yang disampaikan Marlam SY, informasi terkait PT Pelindo bisa diakses siapa saja dan dimana saja.

Tak hanya itu Pelindo II juga menyediakan laman khusus untuk pengunjung terkait tata cara permintaan informasi ke Pelindo. Dimana dalam situs tersebut Pelindo menyediakan informasi terkait Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID).

“Kita sampaikan semua informasi dalam website resmi PT. Pelindo. Bahkan prosedur pelayanan permintaan informasi juga kita muat dalam website resmi kita,” ujar Marlam kepada Komisioner dan Sekretariat KI Provinsi Sumsel.

Marlam juga menyampaikan jika dokumen berupa Form untuk meminta informasi dapat diunduh melalui https://www.indonesiaport.co.id/ppid-id.

“Hal ini untuk mempermudah masyarakat jika ingin meminta informasi ke Pelindo,” Jelas Marlam.

Hal senada disampaikan Darmawi, keinginan Pelindo II untuk semakin terbuka adalah amanah UU No. 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

“Kita harapkan dengan silaturahim KI Provinsi Sumsel bisa membuat Pelindo II semakin baik dalam keterbukaan. Kunjungan ini kedepan kita tingkatkan dalam MoU dalam keterbukaan informasi,” ujarnya singkat.

Ditempat yang sama ketua KI Provinsi Sumsel, A. Kori Kontji sangat mengapresiasi keterbukaan informasi yang sudah dilakukan PT Pelindo II cabang Palembang.

“Kami Komisi Informasi Provinsi Sumsel sangat mengapresiasi apa yang sudah dibuat Pelindo II terkait keterbukaan informasi. Pelindo II bisa menjadi contoh bagi BUMN atau badan publik lain dalam mejalankan amanah UU Keterbukaan Informasi Publik,” ucap Kori.

Komisi Informasi Provinsi Sumsel datang dengan lima komisioner yakni Kori Kontji sebagai Ketua, M Arwadi sebagai Wakil Ketua, Joemartine Ketua Bidang Penyelesaian Sengketa Informasi, Hibza Meirida Badar Ketua Bidang Kelembagaan, Muhamad Fathony Ketua Bidang Advokasi Sosialisasi dan Edukasi. Komisioner juga didampingi Kepala Sekretariat KI Provinsi Sumsel Diah Pratiwi dan staf. (**)

Penulis: Sandi Pusaka Herman Timur
Sumber: Sumsel24

Komentar

News Feed